//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

Perlu Didorong Star Up Baru Di Kampus

jack ma

jack ma

NERACA

Jakarta – Angka pengangguran lulusan Universitas dinilai masih cukup tinggi. Karenanya perlu didorong potensi wirausaha di kalangan mahasiswa agar ketika lulus, mahasiswa sudah memiliki modal untuk berwirausaha.

Melihat hal ini, Direktur CEDeS (Centre for Economic and Democracy Studies) Indonesia, Zaenul Ula mengatakan perlunya sinergi yang tidak hanya dilakukan masyarakat, dan komputer, tetapi juga pemerintah.“Harus ada sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan kampus untuk mendorong pertumbuhan startup-starup baru di kampus,” ujar Zaenul pada acara “Mentoring Wirausaha Muda Kampus 2017” di Kampus II UIN Ciputat, Tangerang Selatan, 22-23 Februari 2017.

Menurut Zaenul, saat ini angka pengangguran lulusan perguruan tinggi relatif besar. Tahun 2015, dari total 7,56 juta pengangguran, sebanyak 12 persen atau sekitar 900 ribu merupakan lulusan perguruan tinggi.

“Data BPS (Badan Pusat Statistik) menyebut, angka pengangguran pada periode Agustus 2014 sampai Agustus 2015 meningkat cukup besar, yaitu 320 ribu jiwa,” ungkap Zaenul.

Menurut dia, hal ini terjadi bukan karena kebijakan pemerintah dalam meningkatkan relevansi antara job seeker versus job creator gagal. Namun, problem dunia pendidikan yang dinamis, di atas ledakan demografi penduduk, membuat kebijakan pemerintah tersebut kurang berdampak.

Untuk itu, CEDeS bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar mentoring di kampus-kampus untuk menggali potensi wirausaha muda di kalangan mahasiwa. Mentoring di Kampus UIN Ciputat merupakan mentoring kelima yang telah dilakukan.

Pada even tersebut, beberapa pengusaha muda dihadirkan sebagai mentor, antara lain Achmad Zaky, founder Bukalapak.com; M. Asmui Kammuri, CEO Javapuccino Group; Andreas Senjaya, CEO i-Grow, dan tim motivator bisnis dari CEDeS Indonesia.

Pada acara yang dibuka oleh Asisten Deputi Kewirausahaan Kemenpora, Ponidjan Puspodiharjo, hadir sebagai peserta mentoring adalah para mahasiswa perwakilan dari 14 kampus negeri dan swasta se-Jabodetabek. Mohar

sarjana-nganggur

Iklan

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 387,050 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: