//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

Ingin Sukses, Yuk Belajar Dari 10 Buku Pilihan Para Boss

Business_Books

Liputan6.com, Jakarta – Sering membaca buku mengantarkan kita pada beragam informasi dan pengetahuan. Meski kini buku menghadapi tantangan yang besar dengan adanya media digital, namun keberadaan buku masih tak bisa tergantikan oleh apapun.

Dalam bisnis, buku juga memiliki peranan yang cukup penting untuk memunculkan banyak orang sukses, beberapa pengusaha yang sukses juga belajar ilmu bisnis dari buku. Pebisnis yang telah sukses dalam usahanya, mereka kemudian menulis buku sebagai bahan dan warisan bagi pengusaha lain yang ingin mengikuti jejaknya.

Seperti dilansir dari Time.com, Sabtu (2/1/2016) terdapat 10 buku yang dibuat oleh pengusaha besar dunia mulai dari Bill Gates dan Sophia A. Buku tersebut berisikan informasi tentang bisnis, tips dan kalimat yang membuat motivasi pebisnis seperti :

1. The Hard Thing About Hard Things

Buku bisnis yang terkenal dengan mengambil risiko, membangun tim yang hebat dan jangan takut gagal. Buku kepemimpinan terbaik dari orang yang telah membuat perusahaan mereka sukses.

Sebuah kutipan dari buku tersebut menyebutkan “Hal-hal sulit karena tidak ada jawaban yang mudah”. Hal itu ditulis Ben Horowitz, sang penulis buku.

“Mereka sulit karena emosi bertentangan dengan logika. Mereka sulit karena Anda tidak tahu jawabannya dan Anda tidak dapat meminta bantuan tanpa menunjukan kelemahan,” tulisnya.

2. My Years with General Motors

Buku ini dibuat oleh Alfred Sloan, CEO General Motors 1923-1946. Ketika perusahaan itu bisa dibilang organisasi yang paling penting di dunia, buku ini berisikan pengalaman dan pemikiran Sloan bagaimana mengarahkan organisasi besar. Buku ini juga bermanfaat sebagai risalah desentralisasi dan stuktur perusahaan modern.

3. Rework

Buku tulisan Jason Fried CEO Basecamp mengolah startup manifesto, sementara buku ini mungkin tidak berlaku Anda. Tapi perusahaan Fried masih kecil dengan 37 pegawai, namun setelah membaca buku ini Anda akan mampu meneliti permintaan yang melintasi meja Anda.

4. Business @ the speed of thought: Succedig in the digital economy

Buku karya Bill Gates yang dibuat pada 1999, terdapat esensi berbasis data pengambilan keputusan. Terdapat sebuah “Cara yang paling baik untuk membedakan perusahaan dari pesaing, cara terbaik membuat jarak antara Anda dan orang banyak untuk melakukan pekerjaan luar biasa dengan informasi”.

Buku ini juga menarik untuk nilai historinya, pada saat buku ini keluar perusahaan Gates dapat mencetak kapitalisasi pasar saham besar US$ 618,9 miliar.

5. Let My People Go Surfing: The Education of a Reluctant Businessman

Yvon Chouinard seorang CEO Patagonia membuat buku dengan judul Let My People Go Surfing: The Education of a Reluctant Businessman. Buku tersebut terdapat sebuah tulisan “Tidak ada anak muda tumbuh dewasa yang pernah bermimpi, jika suatu hari nanti mereka akan menjadi seorang pengusaha”.

Ia sendiri saat masih kecil bermimpi ingin menjadi seorang pemadam kebakaran. Saat menjadi pendiri sebuah perusahaan Chouinard tahu akan ada petualangan yang akan mendorong karyawannya untuk sukses.

6. Winning: The Ultimate Business How-To Book

Jack Welch pernah menjadi pemimpun General Elektric pada 1981-2001. Welch memberikan pengalamannya di dalam sebuah buku, tentang manajemen pekerjaan dan karir, hingga memberikan tips untuk mengambil keputusan dengan baik.

7. Girl Boss

Sophia Amoruso adalah pebisnis fashion online Nasty Gal, ia menulis sebuah buku yang berjudul #Girlboss. Dalam buku tersebut ia mengajarkan mentolerir beberapa yang disukai dan tidak disuka. Ia juga mengajarkan tidak boleh berharap mencintai pekerjaan yang didapatkan. Namun harus banyak bekerja keras untuk menyukai hal-hal lain.

8. Pour Your Heart into It : How Starbucks Built a Company One Cup at a Time

Howard Schultz dapat mengubah dunia dengan membuka Starbucks, sebuah perusahaan yang membuat kafe kopi. Saat ini ia memiliki 21 ribu toko dari 65 negara di dunia. Schultz juga membuat buku yang terdapat kalimat motivasi seperti “Orang-orang ingin bimbingan, bukan retrorika” dan “Mereka perlu tahu apa rencana dan aksi”.

Kalimat tersebut mempunyai arti mereka ingin diberi tanggung jawab untuk membantu memecahkan masalah dan wewenang untuk bertindak.

9. Delivering Happiness: A Path To Profits, Passion, And Purpose

Tony Hsieh adalah CEO dari Zappos membuat buku yang mengajarkan untuk berhenti berusaha untuk jaringan. Dalam arti bisnis tradisional, mencoba membangun perusahaan dengan menggunakan persahabatan. Jika membaca buku ini Anda akan tahu persis apa manfaat dari perusahaan pribadi dan perusahaan persahabatan.

10. Raising the Bar: Integrity and Passion in Life and Business: The Story of Clif Bar & Co

Buku yang berisikan informasi tentang konusmen yang mengirimkan informasi, mereka akan tahu jika entitas besar hanya untuk membuat uang. Buku ini dibuat oleh Gary Erickson seorang CEO makanan ringan Clif Bar, yang juga  menceritakan kisah fantastis dia untuk dapat menunjukan bagaimana sebuah merk dapat berkomunikasi dengan penggunanya pada tingkat yang mengejutkan. (Apr/Ahm)

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 362,187 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: