//5T4T3
you're reading...
Merdeka

Beranikah Sekjen PBB Protes AS Berkaitan Dengan Hukuman Mati Dzokhar

ban kin moon

JAKARTA – Guru Besar Hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana mempertanyakan sikap Sekjen PBB, Ban Ki Moon, saat pelaku bom maraton di Boston Dzhokhar Tsarnaev  dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan di Amerika Serikat. Pasalnya, Ban Ki Moon sempat beberapa kali mengkritik Indonesia atas pelaksanaan hukuman mati terpidana kasus narkoba.

“Apakah Ban Ki Moon berani mengeluarkan kritik dan ceramahnya kepada AS sama ketika Indonesia akan melaksanakan hukuman mati atas Andrew Chan dan Myuran Syukumaran?,” tutur Hikmahanto pada JPNN, Minggu (17/5).

Putusan pengadilan tersebut, kata dia, adalah kedaulatan Amerika Serikat yang wajib dihormati oleh negara lain, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Hikmahanto menduga, Ban Ki Moon akan diam seribu bahasa dengan alasan yang menjatuhi hukuman mati tersebut adalah negara besar seperti Amerika.

“Apakah beliau akan diam seribu bahasa dengan alasan bahwa hukuman mati pantas dilakukan terhadap pelaku teror, atau karena pelaku teror adalah warga negara AS yang berasal dari Kyrgyztan yang mayoritas beragama Islam? Jawaban ini semua terpulang pada Sekjen PBB,” imbuh Hikmahanto.

Menurut Hikmahanto, jika Sekjen PBB diam tidak memberi komentar maka benar saat Indonesia melaksanakan hukuman mati, Sekjen PBB lebih berpihak pada negara-negara tertentu.

“Ini menjadi pelajaran bagi siapapun penyelenggara di bidang urusan luar negeri agar tidak sekali-kali gentar dengan kritikan dan tekanan dari luar negeri, termasuk PBB,” tandas Hikmahanto. (flo/jpnn)

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 361,855 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: