//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

Kembali Diselimuti Asap Udara Di Riau

asap riau

TRIUNNEWS.COM, JAKARTA – Titik api di Sumatera dan Kalimantan tidak ada matinya. Meski pemadaman terus dilakukan, baik di darat, udara, penegakan hukum dan lainnya, pembakaran masih terus dilakukan.

Berdasarkan satelit Terra dan Aqua dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Minggu (12/10.2014) pukul 05.00 WIB, di Sumatera ada 153 titik api, Sumsel 144, Riau 3, Jambi 3, Kepulauan Riau 2 dan Aceh 1.

Data ini belum seluruh titik api terpantau karena satelit Modis baru akan melintas Sumatera pukul 16.00 WIB nanti. Artinya hotspot atau titik api yang ada lebih dari data tersebut.

Jarak pandang pada 12-10-2014 pukul 07.00 WIB di Pekanbaru 500 meter, Rengat 50 meter, Dumai 1 kilometer dan Pelalawan 500 meter.

“Semua terhalang oleh asap. Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) 240 pada pukul 07.00 WIB yang mengindikasikan sangat tidak sehat,” tutur Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, dalam pernyataannya.

Di Kalimantan hotspot juga masih banyak. Dari satelit Modis pada Sabtu (11/10/2014) pukul 16 WIB di Kalbar 26, Kalteng 220 (Kotim 68, Kapuas 3, Barito Sel 3, Sukamara 11, Seruyan 42, Katingan 51, Pulang Pisau 22, Palangkaraya 20), Kalsel 61, dan Kaltim 50.

Kepala BNPB telah berkoordinasi dengan Kepala BPBD agar meningkatkan pemadaman. Ribuan kali helicopter sudah melakukan pemboman air dari udara. Ribuan petugas juga sudah dikerahkan.

“Perlu kerja sama semua pihak termasuk masyarakat agar semua bisa mencegah pembakaran. Gerakan masyarakat mencegah dan memadamkan karhutla,” ujar Sutopo.

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 361,981 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: