//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

Machfudz: Setidaknya Akil Mesti Dihukum 27 Tahun Penjara

akil tak ber akal

akil tak ber akal

Merdeka.com – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mohammad Mahfud MD mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempercepat proses hukum terhadap bekas rekan sejawatnya, Akil Mochtar. Menurut dia, jika hal itu tidak dilakukan, maka masa tahanan Akil bisa berakhir dan bebas demi hukum.

“Akil ini harus segera ke pengadilan. Kalau awal Februari belum dilimpahkan berarti penahannya harus dilepas. Di atas tanggal 20 harus sudah dilimpahkan ke pengadilan sehingga tidak harus dilepas,” kata Mahfud usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi buat Akil, di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Senin (13/1).

Mahfud juga menyatakan sempat menanyakan kepada penyidik KPK soal tindak lanjut laporannya dalam sengketa pilkada Kotawaringin Barat. Menurut dia, saat itu dia melaporkan soal dugaan suap diterima Akil.

“Ada fitnah di sana katanya ada kiriman uang ke Akil untuk dibagi-bagikan kepada hakim lain. Saya laporin, saya bawa orangnya yang ngomong. Hari ini saya tagih, kenapa saya laporkan enggak diproses,” sambung Mahfud.

Namun, lanjut Mahfud, ternyata menurut penyidik laporan itu tak pernah bisa diselidiki lantaran tidak ditemukan bukti.”Saya cuma ditanya, ‘Bapak pernah lihat enggak keanehan Pak Akil?’ Saya bilang enggak ada. Saya cuma melaporkan Kotawaringin Barat. Saya menjelaskan saya sudah melaporkan. Dan ternyata tidak menemukan apa-apa dan ditulis tidak menemukan apa-apa,” ujar Mahfud.

Dia juga mendesak KPK supaya menuntut Akil seberat mungkin. Sebab menurut dia, hukuman buat Akil lantaran dia adalah penegak hukum. “Biarkan saja, orang korupsi itu harus disikat. Saya bilang Akil itu harus dihukum seberat-beratnya. Karena penegak hukum pertama, lembaga hukum legistis. Jadi bukan Akil saja, siapa pun,” kata Mahfud.

Mahfud menjelaskan, tuntutan buat Akil harus berat karena jabatan penegak hukum. Dia menambahkan, jaksa KPK harus merumuskan tuntutan buat Akil dengan hitungan ditambah sepertiga tuntutan. “Jadi 20 tahun maksimal, ditambah sepertiga. Kira-kira 6 atau 7 tahun, jadi bisa 27 tahun kan,” ucap Mahfud.

Mahfud menyanjung cara KPK yang bisa membongkar kebusukan Akil. Dia pun mendesak supaya mantan koleganya itu segera disidang, supaya tidak bebas demi hukum.

[ded]
Iklan

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 394,023 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: