//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

Desa Ini Dipenuhi Rumah Bergambar Warna-Warni

cakep gan rumahnya

cakep gan rumahnya

Merdeka.com – Penduduk desa Zalipie di tenggara Polandia ternyata punya cara unik untuk menghias rumah mereka. Tradisi menghias rumah dengan gambar bunga beraneka warna ini ternyata telah dilakukan sejak berabad-abad lalu.

Para wanita dari desa Zalipie akan mengecat dinding, pintu, jendela, dan bahkan atap rumah mereka dengan gambar bunga yang beraneka warna. Tak jelas kapan tepatnya tradisi ini dimulai. Menurut cerita setempat, awalnya para wanita di desa itu mencoba untuk menutupi bintik-bintik kecil di dinding rumah mereka, tetapi kemudian tidak berhasil. Mereka pun lantas beralih pada lukisan bunga warna-warni yang akan tampak indah jika digambar di tembok rumah.

Seiring berjalannya waktu, pola bunga yang digambar pada rumah penduduk desa Zalipie pun menjadi semakin rumit dan beragam. Sebagaimana dilansir odditycentral, dahulu, para wanita di desa Zalipie bahkan membuat kuas cat mereka sendiri dengan menggunakan ekor sapi. Para wanita biasanya akan mengecat rumah mereka sekali setahun selama ajang pesta Corpus Christi, ketika mereka tidak memiliki banyak pekerjaan di ladang.

desa

desa

Photo: Poland MFA

Untuk melestarikan tradisi kuno tersebut, penduduk desa Zalipie kini mengadakan kompetisi tahunan. Pelukis lokal, yang sebagian besar adalah wanita, akan bersaing untuk menciptakan pola-pola bunga yang rumit di dinding rumah.

desa

Photo: Poland MFA

Tertarik untuk berkunjung ke desa unik ini?

[des]

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 361,855 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: