//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

Bank Sentral Inggris Jual Jarahan Nazi

nazi

nazi


TEMPO.CO, London – Bank sentral Inggris turut andil dalam ‘bancakan’ harta jarahan Nazi. Keterlibatan Bank of England (BoE) dalam dalam penjualan harta jarahan berupa emas, yang dicuri oleh Nazi selama invasi ke Cekoslowakia, terungkap dalam dokumen yang dirilis baru-baru ini.

Materi arsip yang dirilis oleh BoE menyebut bagaimana emas batangan dijual atas nama bank sentral Jerman, Reichsbank, pada tahun 1939. Padahal resminya, pemerintah Inggris membekukan semua aset Ceko yang disimpan di London pada waktu itu.

Dokumen BoE terungkap selama proses digitalisasi arsip bank. Saat itu bank sentral Inggris dipimpin Montagu Norman.

Mereka menjelaskan bagaimana permintaan dibuat pada Maret 1939 untuk mentransfer emas senilai 5,6 juta poundsterling, senilai lebih dari 700 juta poundsterling hari ini, dari rekening Bank Nasional Ceko di Bank for International Settlements (BIS) ke rekening Reichsbank. Dari jumlah itu, 4 juta poundsterling dijual ke bank di Belgia dan Belanda, dengan sisa dijual di London.

Dokumen-dokumen BoE, diterbitkan untuk pertama kalinya pada hari Selasa, mengungkapkan bagaimana John Simon, seorang pejabat, mempertanyakan gubernur bank, Montagu Norman, mengenai apakah mereka memegang salah satu emas Ceko pada Mei 1939. “Gubernur dalam jawabannya (30 Mei) tidak menjawab pertanyaan, tapi menunjukkan bahwa Bank menyimpan emas dari waktu ke waktu untuk BIS dan tidak memiliki pengetahuan apakah itu milik mereka sendiri atau pelanggan mereka. Oleh karena itu, mereka tidak bisa mengatakan apakah emas itu disimpan atas nama Bank Nasional Cekoslowakia,” tulis laporan itu.

Meskipun kekhawatiran Sir John mengemuka, transaksi lanjutan dibuat pada bulan Juni. Pada kesempatan itu, ada penjualan emas dengan nilai 440 ribu poundsterling dan 420 ribu poundsterling dengan pengiriman ke New York.

Dalam laporan yang ditulis pada tahun 1950, BoE mengakui bahwa pada Perang Dunia II “dan untuk beberapa waktu setelah itu” insiden yang melibatkan emas Ceko “masih melukai”. Pejabat itu menulis, “Di luar Bank dan Pemerintah posisi Bank mungkin tidak pernah benar-benar dihargai dan tindakan mereka saat ini banyak disalahpahami.”

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 362,187 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: