//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

Ancaman Denda Rp.200 Juta Bagi Yang Menyalakan HP Di Pesawat

ZAKARIA
Pengamat transportasi Djoko Setijowarno geram mendengar berita pemukulan pramugari oleh pejabat Bangka Belitung (Babel) hanya lantaran diminta mematikan telepon genggam atau handphone (HP) di pesawat. Dia menegaskan, mematikan HP di dalam pesawat adalah prosedur penerbangan untuk keselamatan. Seharusnya, kata dia, telepon genggam harus sudah dimatikan sejak dalam terminal bandara.

Djoko meminta pemerintah atau polisi berlaku tegas kepada pejabat Babel. Djoko menyebut dia layak dipecat karena tidak tahu aturan.

“Kalau saya gubernurnya saya akan pecat dia dan memberikan efek jera semua orang. Hukum tidak berlaku untuk rakyat kecil, pejabat juga. Pramugari wanita kok dipukul,” ucap Djoko ketika dihubungi merdeka.com di Jakarta, Jumat (7/6).

Menyalakan HP di pesawat, kata dia, jelas melanggar aturan. Hukumannya dua tahun penjara atau denda Rp 200 juta. Hal itu tertuang dalam UU penerbangan No 1/2009 tentang penerbangan. Masyarakat tidak diperkenankan menyalakan HP di pesawat. Terlebih sebagai pejabat seharusnya memberi contoh untuk masyarakat.

“Mestinya dimatikan sebelum naik pesawat, hukum tetap harus berjalan dan dia salah. Makan dari uang rakyat. Tiketnya dibayarin tidak pantas jadi pejabat. Pejabat tidak punya mental, sebenarnya aturannya sebelum naik pesawat HP sudah mati,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Daerah Bangka Belitung, Zakaria Umar Hadi sebagai ditetapkan tersangka setelah menganiaya pramugari Sriwijaya Air Febriani.

Akibat perbuatannya Zakaria Umar dijerat dengan pasal 351 KUHP tentang Penganiayaan. Zakaria melakukan tindak kekerasan karena tidak terima ditegur oleh Febriyani saat diminta untuk mematikan handphone di dalam pesawat. Setelah pesawat mendarat Zakaria yang tidak terima dengan peringatan Febri mengejar dan memukulnya dengan koran yang digulung.

Peristiwa pemukulan itu terjadi pada Rabu (5/6) malam setelah pesawat dengan nomor penerbangan SJ 087 mendarat di Bandara Depati Amir, Bangka.

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 362,620 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: