//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

HARY TANOE BANGUN PERUSAHAAN DARI 1 KARYAWAN

DENPASAR – CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo dinilai mempunyai naluri bisnis dan keberanian jeli dalam menangkap peluang. Perusahaannya pun semakin berkembang, mulai dari bisnis sekuritas, media, sampai properti dilakoninya.

Hal tersebut terkuak saat Hary Tanoe berbagi kiat-kiat suksesnya dalam membangun kelompok usahanya hingga seperti sekarang di hadapan ratusan mahasiswa dan sivitas akademika Universitas Udayana, Bali.

“Perjalanan bisnis saya dimulai dari nol, setelah lulus dari kuliah di Kanada akhir 1980-an,” tukas pria yang akrab disapa HT, saat gladi bersih wisuda ke-103 dan Studium General III Unud, di di Kampus Unud, Jimbaran Kabupaten Badung, Bali, Jumat (22/3/2013).

Menurutnya, kesuksesan dalam membangun bisnis ditentukan dari mindset seseorang. Dicontohkannya, saat Indonesia diterpa krisis pada 1998, justru dia mengubah mindset sebagai kesempatan, serta bukan akhir dari segalanya.

“Saya mulai membangun perusahaan dengan satu orang karyawan saja. Sampai saat ini ada sekira 23 ribu karyawan dari berbagai grup,” ujarnya.

Saat ini, sudah ada tujuh perusahaan publik yang berbasis di Indonesia dan satu lainnya berada di Amerika Serikat yang dipimpinnnya. Sejak menggawangi berbagai bidang usaha, perusahaannya berkembang dengan pesat bahkan market capital-nya mencapai Rp130 triliun atau setara USD13,5 juta.

Perusahaan yang pertama dibangun bidang sekuritas, PT Bakhti Investama yang kemudian go publik menjadi titik penting perjalanan kerajaan bisnis pengusaha asal Surabaya ini.

“Saya kembangkan perusahaan sekuritas pada 1997 untuk go public, padahal saat ini Indonesia mengalami krisis hebat, tetapi saya aktif banyak melakukan ekspansi, banyak orang memandang krisis sebagai masalah saya justru anggap kesempatan dan peluang,” katanya.

Tak kalah penting, bagi dia, seorang pemimpin seperti CEO harus berfikir positif, berani mengambil keputusam yang cepat dan tepat. Dia juga menekankan pentingnya membangun nilai-nilai kedisiplinan, jangan gampang menyerah atau putus asa karena itu penting sebagai modal seorang pengusaha ketika menghadapi banyak masalah. (ade)HT

Iklan

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 394,023 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: