//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

1.000 PEJUANG SULU KEMBALI SANDAR DI SABAH

TEMPO.CO, Kuala Lumpur – Sebanyak 1.000 orang bersenjata asal Filipina Selatan dikabarkan kembali berlabuh di Lahad Datu, Sabah, Malaysia. Mereka berencana membantu pasukan penyusup pimpinan Agbimuddin Kiram yang sudah hampir dua bulan belakangan bertempur dengan militer Malaysia.

Juru bicara Moro National Liberation Front (MNLF), Emmanuel Fontanilla, mengatakan, mereka adalah serdadu terlatih yang dipersiapkan sejak konflik pecah di Sabah. Kali ini, demi mengelabui blokade dua negara di lepas pantai Sulu, para penyusup berangkat dalam kelompok-kelompok kecil bersenjata lengkap. “Mereka sudah mendapatkan perintah untuk bisa membantu saudaranya sesama muslim di Sabah,” kata Emmanuel.

Dari pemberitaan The Star Filipina, para pejuang bersenjata yang telah bersandar itu rupanya sudah langsung terlibat dalam kontak senjata yang kembali terjadi sepekan lalu. Pertempuran dikabarkan terjadi di pantai timur Sabah, tempat kekuatan militer Malaysia berada.

Seperti diketahui, konflik bersenjata di Sabah sudah berlangsung sejak pendaratan pertama laskar yang mengklaim dirinya sebagai utusan Kesultanan Sulu itu. Mereka ingin merebut kembali tanah Sabah beserta isinya dari tangan Malaysia. Namun keinginan itu jelas mendapat reaksi keras dari negeri jiran itu. Walhasil, pertempuran pun tak terelakkan. Sebanyak 67 lebih orang Sulu tewas dalam pertempuran, sementara 157 lainnya ditangkap dengan tuduhan menyebar teror.

DEMO SULU

DEMO SULU

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 361,855 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: