//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

MICHAEL DELL, MAHASISWA DROP OUT PENGUASA INDUSTRI KOMPUTER

Jakarta – Dell Inc adalah salah satu penguasa industri komputer dunia. Pendiri dan CEO-nya tak lain dan tak bukan adalah Michael Dell.
Gambar
Michael membangun kerajaan bisnis Dell dari nol. Pria keturunan Yahudi ini sangat fokus dalam mengembangkan Dell hingga tidak sampai menamatkan kuliah. 

Bagaimana sepak terjang Michael Dell di industri komputer dan riwayat hidupnya? Berikut ringkasannya seperti dihimpun detikINET dari berbagai sumber.

1. LAHIR DARI KELUARGA IMIGRAN

Michael Dell lahir 23 Februari 1965 di Houston, Texas, Amerika Serikat. Dia lahir dari keluarga imigran Yahudi yang cukup berada.

Sama seperti mayoritas pentolan lainnya di dunia teknologi, Michael sudah tertarik mengutak atik komputer sejak kecilnya. Dia membeli sebuah kalkulator saat berumur 7 tahun.

Kemudian pada usia 15 tahun, dia mendapatkan komputer Apple II. Michael membongkar komputer tersebut untuk mengetahui bagaimana cara kerjanya.

Bakat bisnisnya pun sudah kelihatan sejak kecil dan dia memang seorang pekerja keras. Di umur 12 tahun, Dell sudah bekerja paruh waktu sebagai pelayan di sebuah restoran China. 

Kala menginjak masa SMA, Michael menawarkan langganan koran Houston Post. Dia berhasil meraih pendapatan sampai USD 18 ribu saat itu.

2.MEMBANGUN KERAJAAN BISNIS KOMPUTER

Sesudah menamatkan SMA, Michael melanjutkan kuliah di University of Texas, Austin. Dia menciptakan sebuah perusahaan bernama PC’S Limited dari kamar asramanya.

Perusahaan tersebut menjual komputer PC IBM. Dia kemudian memutuskan untuk drop out kuliah dan fokus mengembangkan bisnis setelah mendapat investasi pendanaan senilai USD 300 ribu dari keluarganya.

Michael Dell turut berperan besar dalam revolusi komputer PC di dekade 1990-an. Pada tahun 1985, PC’S Limited menciptakan komputer pertamanya yang dinamakan Turbo PC dan dijual senilai USD 795.

PC’S Limited mengiklankan Turbo PC di berbagai media dan menjualnya secara langsung pada konsumen. Konsumen pun bisa memilih berbagai opsi hardware di komputer yang dibeli.

Perusahaan Michael itu mencapai sukses besar dan meraup pendapatan sampai USD 73 juta pada tahun pertama operasionalnya. 

Pada tahun 1988, PC’S Limited berubah namanya menjadi Dell Computer Corporation dan mulai berekspansi secara global. Michael pun menapak pada masa kejayaannya sebagai pebisnis komputer ulung.

3. KEJAYAAN DELL DARI BISNIS KOMPUTER

Dell perlahan-lahan menjadi perusahaan komputer yang meraksasa. Pada juni 1988, kapitalisasi pasar Dell tumbuh menadi USD 80 juta dari yang semula USD 30 juta.

Pada tahun 1992, majalah bisnis bergengsi Fortune memasukkan Dell Computer Corporation dalam daftar 500 perusahaan terbesar di dunia. Dan Michael menjadi CEO termuda sebuah perusahaan yang masuk Fortune 500.

Dari tahun 1997 sampai 2004, Dell menikmati pertumbuhan penjualan yang stabil dan mencaplok pangsa pasar pesaingnya. Sampai tahun 2001, Dell juga menjadi nomor satu soal kualitas dan layanan menurut laporan Consumer Reports.

Dell berhasil melampaui Compaq sebagai produsen komputer PC terbesar di dunia pada tahun 1999. Namun pada tahun 2002, Compaq yang bergabung dengan HP kembali menyalip Dell.

Selama 20 tahun pertama operasional bisnisnya, Dell menjadi sebuah kisah bisnis yang sangat sukses. Dan menjadikan Michael Dell sebagai salah satu orang terkaya di dunia.

4. KOLEKSI HARTA DELL

Michael Dell pun menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Kekayaan terakhirnya diestimasi senilai USD 14,6 miliar.

Dengan uang berlimpah, mudah saja bagi Michael Dell untuk membeli barang-barang kesukaannya. Dan ia memang dikenal bergaya hidup mewah yang tampak dari koleksi hartanya.

Ia mengendarai Porsche Carrera GT yang banderolnya mencapai USD 440 ribu. Selain Carrera, Michael Dell juga mengkoleksi satu unit lagi mobil besutan Porsche. Yaitu Porsche Boxster seharga USD 50 ribu.

Dell punya cukup banyak properti mewah. Seperti rumah Raptor Residence ini yang berlokasi di Hawaii. 

Raptor Residence punya 7 kamar tidur dan 13 kamar mandi dan terletak di tepi laut. Bisa dibayangkan bagaimana kemewahannya. Propeti tersebut diestimasi berharga USD 61 juta.

Dell juga cukup banyak berkiprah di bidang filantropi melalui yayasan Michael and Susan Dell Foundation. Yayasan ini bergerak di bidang pendidikan, kesehatan dan masalah keluarga.Gambar

 

 

 

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 361,855 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: