//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

INGGRIS TOLAK KEMBALIKAN BERLIAN INDIA KOH I NOOR

TEMPO.CO, Amritsar – Perdana Menteri Inggris David Cameron menegaskan pihaknya tidak akan mengembalikan berlian Koh-i-Noor kepada India, Kamis, 21 Februari 2013. Berlian seberat 105 karat itu dulu direbut paksa oleh Inggris sebagai penjajah India.

“Saya rasa itu bukan pendekatan yang tepat. Bagi saya itu tidak masuk akal,” kata Cameron kepada wartawan.

Desakan agar Inggris mengembalikan salah satu berlian terbesar di dunia itu digaungkan oleh banyak pihak, satu di antaranya oleh cucu Mahatma Gandhi, dalam kunjungan tiga hari Cameron ke India. Berlian yang dipasang di mahkota mendiang Ibu Suri itu kini dapat disaksikan publik di Menara London.

Museum Inggris, ujar Cameron, merupakan pihak yang paling berwenang untuk menentukan apakah berlian itu dapat dikembalikan kepada India. Gubernur Jenderal Inggris di India menyerahkan berlian itu kepada Ratu Victoria pada 1850.

Jika Pangeran William diangkat sebagai raja dan Kate menjadi ratu, mahkota Koh-i-Noor akan digunakan Kate dalam peringatan-peringatan penting.

Meski menolak mengembalikan salah satu harta asli India, Cameron menjadi perdana menteri Inggris pertama yang meminta maaf atas pembantaian Amritsar pada 1919. Pembantaian tersebut tercatat sebagai episode paling berdarah dalam penjajahan Inggris di India. koh i noor

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 361,855 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: