//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

PENDATANG BARU MENINGKAT DI PEKANBARU

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pekanbaru, M Noer MBS meyakini jumlah pendatang baru ke Pekanbaru pada tahun 2012 ini meningkat dari tahun 2011. Namun, hingga saat ini pihaknya sedang dalam merekapitulasi data pendatang baru tersebut. Sejalan dengan itu, ia mengimbau kepada pendatang baru untuk mengurus Kartu Identitas Pendatang (KIP) dan Kartu Keluarga Pendatang (KKP).
Kepada Tribun, M Noer menyebutkan, dari razia Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dilakukan pihaknya di sejumlah lokasi keramaian, terindikasi banyak pendatang baru yang masuk ke Pekanbaru pada tahun 2012 ini. Malahan, jumlah pendatang baru ini meningkat dari tahun 2011 lalu.
“Diperkirakan pendatang baru yang masuk ke Pekanbaru akan meningkat dari tahun 2011 lalu, karena melihat semakin berkembangnya Pekanbaru, dan semakin banyaknya lapangan kerja yang tersedia. Tahun 2011 lalu, pendatang baru mencapai 13 ribu, tahun 2012 ini akan lebih dari jumlah tersebut,” ungkap M Noer.

Jumlah pendatang baru tahun 2011 tersebut, menurut M Noer terdiri dari perpindahan PNS, pegawai BUMN dan TNI/Polri, disebabkan mutasi. Kepada mereka diberikan oleh Disdukcapil berupa Surat Keterangan Menetap (SKM). Jumlah mereka ini tercatat sebanyak 2.029 orang tahun 2011.

“Tahun 2012 ini kondisi ini juga akan hampir sama, karena adanya sejumlah lembaga negara yang baru dibentuk di Pekanbaru sebagai ibukota provinsi. Kepada mereka juga diberlakukan ketentuan yang sama yakni diberikan SKM,” jelas M Noer.

Sedangkan untuk urbanisasi masyarakat umum, ulas M Noer, pada umumnya bertujuan mencari pekerjaan dan bisnis. Kepada mereka diberikan KIP dan KKP, khusus bagi yang mengantongi surat pindah dari daerah asal. Jumlah pendatang baru golongan ini tahun 2011 tercatat sebanyak 11.019 orang.
“Jika ditambahkan kedua poin ini, jumlahnya mencapai 13.048 orang. Jumlah ini jauh lebih tinggi dari tahun 2010 yang hanya 9.000 orang. Atas pertambahan tersebut, penduduk Pekanbaru sampai akhir tahun 2011 yang sudah mencapai 922.328 jiwa (476.521 laki-laki dan 445.804 perempuan). Maka, tahun 2012 ini jumlah penduduk Pekanbaru diperkirakan sudah mencapai satu juta jiwa, karena ada pertambahan penduduk dari kelahiran di Pekanbaru,” papar M Noer.

Khusus untuk pendatang baru, sebut M Noer, jika ingin menetap di Pekanbaru untuk bekerja atau wiraswasta dan sebagainya, silahkan urus surat pindah di daerah asal dan ajukan ke Disdukcapil untuk memiliki KIP.

“KIP ini akan berlaku selama satu tahun, dan setelah satu tahun atau bekeluarga di Pekanbaru, sudah bisa dijadikan KTP Pekanbaru. Untuk syarat-syaratnya, silahkan lihat di UPTD Disdukcapil di Kantor Camat dan di Kantor Disdukcapil,” terang M Noer.

Menurut M Noer, permintaan supaya melengkapi administrasi kepindahan ini tidak saja berlaku bagi mereka yang terjaring dalam razia yang dilakukan pihaknya selama tahun 2012. Namun juga berlaku bagi pendatang baru yang tidak terpantau.

“Kepada pendatang baru ke Pekanbaru yang tidak terpantau oleh kami, juga diminta untuk segera melengkapi administrasi kependudukannya. Terutama surat pindah sebagai salah mutlak untuk pembuatan KIP,” beber M Noer. (*)

Syarat membuat KIP dan KKP
– Surat pindah dari Disdukcapil daerah asal
– KTP penjamin di Pekanbaru
– KK penjamin di Pekanbaru
– Uang jaminan sesuai daerah pindahan yang sudah diatur dengan peraturan daerah

Prosedur membuat KIP dan KKP
– Bawa persyaratan ke DPTD Disdukcapil yang ada di Kantor Camat di daerah tempat tinggal.
– Serahkan persyaratan ke petugas dan petugas akan meminta past foto ukuran 2×3 satu lembar.
– Petugas akan menyampaikan kepada anda supaya menunggu dua minggu untuk mengambil KIP dan KKP tersebut.
– Datanglah dua minggu kemudian untuk mengambil KIP dan KKP itu.
– KIP dan KKP ini sudah menjamin pendatang terhindar dari razia KTP.

Sumber: DisdukcapilKTPIAU

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 362,620 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: