//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

GERHANA MATAHARI TOTAL DAPAT DILIHAT DI AUSTRALIA

Canberra, – Puluhan ribu warga Australia hari ini berkumpul menyaksikan gerhana matahari total. Semua mengarahkan pandangan mata ke angkasa untuk melihat langsung fenomena alam yang langka ini, yakni saat bulan menutupi matahari secara penuh.

Baik yang melihat dengan mata telanjang maupun yang berusaha mengabadikan gerhana dengan kamera, tidak melepaskan pandangannya ke langit. Gerhana matahari total ini bisa disaksikan langsung di wilayah Queensland, Australia. Demikian seperti dilansir AFP, Rabu (14/11/2012).

Keberadaan awan sempat mengancam warga setempat untuk menyaksikan fenomena langka ini. Namun untungnya awan-awan tersebut segera tersingkap dan tidak menghalangi warga untuk menyaksikan gerhana matahari total ini.

Perlahan, bulan bergerak di antara bumi dan matahari, hingga menciptakan lingkaran halo atau hanya korona matahari yang tampak dari bumi sedangkan bagian tengahnya gelap. Fenomena alam ini disambut sorakan meriah oleh warga yang berhasil menyaksikan secara langsung.

Gerhana matahari ini terjadi tepat siang hari waktu setempat. Bayangan gelap bulan atau biasa disebut umbra jatuh di wilayah Taman Nasional Garig Gunak Barlu yang berada di kawasan Northern Territory, atau sekitar 250 km sebelah timur Darwin.

Umbra ini kemudian bergerak ke arah timur sebelum akhirnya mencapai wilayah utara Queensland, yang merupakan salah satu lokasi untuk menyaksikan secara langsung gerhana matahari. Banyak ilmuwan dan turis yang juga berkumpul di tempat ini.

Gerhana matahari total terjadi dalam waktu 2 menit dan dimulai sejak Selasa (13/11) pukul 06.38 waktu setempat. Tentu saja mereka yang ingin menyaksikan langsung harus menggunakan alat khusus untuk melindungi mata mereka.

Yang lebih menakjubkan, ketika gerhana terjadi, suara kicauan burung dan suara binatang lain mendadak tak terdengar saat detik-detik menjelang bulan memakan matahari.

“Siang menjadi malam, tak bisa dipercaya, merinding, kehabisan kata-kata, menakjubkan,” tutur salah seorang pengamat gerhana, Simon Crerar.

“Wow, serangga dan burung-burung mendadak diam,” ucap seorang turis, Geoff Scott.

Gerhana matahari total memang bisa terjadi setiap 1 atau 2 tahun sekali, namun hanya bisa dilihat langsung oleh setengah persen permukaan bumi. Pola pengulangan terjadinya fenomena ini cukup rumit, karena tidak bisa diprediksikan waktunya secara tepat.

Gerhana terakhir terjadi pada 11 Juli 2010 lalu di sebagian wilayah Samudera Pasifik. Selanjutnya, diprediksi gerhana terjadi pada 20 Maret 2015 dan bisa disaksikan di wilayah Islandia, kepulauan Faroe dan bagian utara jauh Norwegia.

(nvc/ita)

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

One thought on “GERHANA MATAHARI TOTAL DAPAT DILIHAT DI AUSTRALIA

  1. Ye shirks of the false religion of Islam will not stand against the righteous wrath and will of God as proclaimed to the world through the Westboro Baptist Church at our web site
    http://GodHatesMuhammad.com
    You are powerless to stop us from once again burning that satanic book the Koran, ye are impotent and powerless in the face of the true God. We will not cower before the religion of world terrorism for our God walks before us and protects us in righteousness. We will carry his message to the face if the entire world.
    Phelps@GodHatesMuhammad.com

    Posted by Benjamin Phelps | 11 Januari 2013, 12:20 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 362,187 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: