//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

FAKULTAS KEDOKTERAN UNRI DIBANDEROL RP. 125 JUTA

Pekanbaru Selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Kampus Universitas Riau (UR) membuka jalur mandiri. Khusus Fakultas Kedoteran, setiap calon mahasiswa diwajibkan membayar Rp 125 juta.

“Bagi yang lewat jalur mandiri itu, kita berikan syarat untuk bersedia membayar dana bantuan tersebut. Artinya setelah dinyatakan lulus seleksi, nantinya calon mahasiswa langsung membayarkan uang Rp 125 juta tersebut,” kata Kabiro Administrasi Akademik Kemahasiswaan (KAAK), UR, Afrinaldi.

Hal tersebut dia ungkapkan saat ditemui detikcom di ruang kerjanya di Kampus UR Panam, Pekanbaru, Rabu (13/6/2012).

Afrialdi menjelaskan, bahwa dana Rp 125 juta untuk Fakultas Kedokteran itu merupakan bantuan dana pendidikan. Dana tersebut diberlakukan bagi calon mahasiswa yang tidak lulus SNMPTN, sehingga pihak kampus membua peluang lewat jalur mandiri penelusruan bibit unggal daerah (PBUD) dan bina lingkungan.

Menurutnya, dana sumbangan Rp 125 juta untuk Fakultas Kedokteran itu, dinilai masih kecil dibanding sejumlah kampus negeri lainnya. Dan tahun ini Kampus UR hanya menerima mahasiswa Fakultas Kedokteran sebanyak 125 orang. “Kami kira dana segitu tidaklah terlalu besar jika dibandingkan sejumlah kampus negeri lainnya,” kata Afrialdi.

Dia menjelaskan, untuk tahun 2012 ini jumlah calon mahasiswa yang mendaftar dan telah mengikuti tes SNMPTN sebanyak 20.444 orang. Dari 10 fakultas yang ada, pihaknya kampus hanya menerima 1982 orang. “Itu lewat jalur ujian secara nasional,” kata Afrialdi.

Setelah itu, pihaknya akan membuka jalur mandiri yang terdiri dari berbagai kreteria. Ada jalur undangan, ada jalur bina lingkungan dan bibit unggul daerah. Lewat jalur kedua ini akan menerima mahasiswa 5.823. Sehingga total penerimaan lewat jalur tes nasional dan tes mandiri (lokal) nantinya berjumlah 7805.

“Antara mahasiswa lewat ujian nasional dan ujian mandiri, sama-sama statusnya tetap negeri. Yang membedakan mereka hanya soal pembayaran uang SPP. Dimana lewat jalur mandiri SPPnya lebih besar,” kata Afrialdi.

(cha/mad)

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 362,858 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: