//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

DI KAMPUS LAIN RATUSAN JUTA, DI UNSOED RP. 0

Jakarta Jika Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK Undip) mematok uang pangkal Rp 125 juta, maka dengan uang yang sama di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) sudah menjadi sarjana. Kampus yang berada di Purwokerto, Jawa Tengah ini menerapkan uang SPP flat tiap semester dengan uang masuk Rp 0.

“Tidak ada uang pangkal, uang gedung dan lain-lain. Yang penting lulus ujian sudah jadi mahasiswa Unsoed. Untuk Uang Kuliah Tunggal (UKT) bervariasi, paling tinggi adalah Fakultas Kedokteran yaitu Rp 15 juta yang dibayar tiap semesternya,” kata Pembantu Rektor II Unsoed, Dr Eko Hariyanto saat berbincang dengan detikcom, Kamis (14/6/2012).

Saat ini Unsoed sedang membangun gedung laboratorium FK baru senilai Rp 7 miliar dari dana pemerintah pusat. Dengan membayar UKT tiap semesternya, maka mahasiswa sudah tidak ditarik iuran apapun lagi. Sebab UKT tersebut sudah termasuk biaya kuliah, biaya KKN, biaya praktikum, uang kegiatan kemahasiswaan hingga biaya wisuda.

“Untuk Kedokteran kan biasanya 8 semester. Jadi kalau satu semester Rp 15 juta maka Rp 120 juta sudah jadi sarjana,” ujar Eko.

Besaran UKT ini disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan mahasiswa di tiap-tiap fakultas. Untuk fakultas ilmu sosial lebih murah karena tidak ada biaya praktikum. Seperti Fakultas Ekonomi UKT Rp 2,8 juta persemester dan FISIP Rp 2,4 juta persemester. Adapun untuk ilmu eksak sedikit lebih mahal karena menggunakan laboratorium dan praktikum.

Penggunaan tarif flat ini supaya keuangan kampus terhitung dengan jelas dan transparan. “Seperti untuk Fakultas Pertanian, UKT nya Rp 3 juta per semester,” ungkap Eko.

Untuk periode penerimaan mahasiswa baru 20012/2012 ini, Unsoed menyediakan 4.500 kursi yang tersebar di berbagai fakultas dan dari tingkat D3 hingga program doktor.

“Apa tidak tertarik memungut uang pangkal?,” tanya detikcom.

“Masalahnya tidak boleh oleh Dirjen Dikti. Kalau ada yang melakukan itu, laporkan ke saya,” pinta Eko.

(asp/try)

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

2 thoughts on “DI KAMPUS LAIN RATUSAN JUTA, DI UNSOED RP. 0

  1. ngeri juga biaya sampai segitu, untuk fakultas kedokteran. takutnya setelah mereka lulus bukan sebagai dokter yang mengabdi kepada masyarakat. makanya tidak heran kalau rumah sakit banyak yang menelantarkan pasien nya yang tidak mampu. salam kunjungan

    Posted by puisi | 24 Juni 2012, 12:39 pm
  2. mantap Unsoed saya sangat bersyukur memilih Unsoed di snmptn dan diterima , walaupun tak tersekenal Univ-Univ yng berada di kota-kota besar,univ rakyat ini memang luar biasa

    Posted by Edo ricardianto | 10 Juli 2012, 11:52 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 362,187 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: