//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

KERUSUHAN TERUS BERKOBAR DI LONDON

LONDON, KOMPAS.com — Penduduk London serta sebagian wilayah Birmingham dan Liverpool bersembunyi di dalam rumah saat para perusuh bertopeng dan bertudung membanjiri jalanan. Mereka ketakutan keluar rumah. Sementara polisi tak berdaya menghadapi para perusuh itu, yang sebagian besar pemuda, bahkan remaja, saat mereka menjarah atau merampok toko-toko di sepanjang jalan utama London.

Kerusuhan tersebut dipicu kasus penembakan mematikan oleh polisi terhadap seorang pria 29 tahun yang diduga anggota geng pada pekan lalu. Kerusuhan pecah Sabtu malam dan telah berlangsung tiga hari berturut-turut. Senin (8/8/2011) kemarin, penjarahan dimulai pada siang bolong.

Dari London, penjarahan menyebar ke Birmingham, sekitar 120 mil dari London. Polisi di sana mengatakan, sejumlah tempat di pusat kota Birmingham telah diserang. Sejumlah jendela toko hancur dan barang-barangnya dijarah. Seorang juru bicara polisi di Birmingham mengatakan, para petugas telah berpatroli ekstra.

Kerusuhan dan penjarahan yang terus meluas itu membuat Perdana Menteri Inggris David Cameron memperpendek liburan musim panasnya di Italia. CNN melaporkan, kantor Cameron telah mengumumkan bahwa ia akan kembali ke London pada Senin malam.

Para penjarah menghancurkan jendela-jendela toko, menjarah isinya, melemparkan bom bensin, menyulut kembang api, serta membakar bangunan dan kendaraan. Mereka juga merusak bus dan mengejek polisi anti huru-hara. Petugas pemadam kebakaran bahkan dicegah atau tidak mampu mengatasi banyaknya lokasi kebakaran yang dipicu para perusuh, yang kebanyakan membawa kaleng dan botol alkohol.

Penjarahan pada hari ketiga bermula di Hackney, London timur, kemarin siang. Kelompok-kelompok besar pemuda—banyak dari mereka berusia tidak lebih dari 16 tahun—berkumpul di sudut-sudut jalan pada sore hari. Toko-toko pun mulai menutup tirai dan perdagangan dilakukan terbatas. Para pelintas berhenti untuk menonton pemuda itu beraksi. Menjelang sore, helikopter polisi terlihat melayang di atas kawasan itu saat perusuh membakar sampah dan mobil, menghancurkan bagian depan toko-toko, dan menantang polisi anti huru-hara.

Kebakaran hebat juga terjadi di Croydon, London selatan. Di sana, toko-toko furnitur besar ludes dilalap api. Di kawasan Clapham, department store Debenhams yang berupa bangunan tiga lantai dibanjiri penjarah. Mereka terlihat membawa barang-barang dari toko itu.

Toko-toko peralatan listrik, toko perhiasan, toko olahraga, dan toko ponsel menjadi sasaran di seluruh London. Para penjarah itu umumnya remaja dan sedang dalam liburan sekolah. Polisi pun meminta para orangtua untuk menghubungi dan meminta anak-anak mereka pulang ke rumah.
Sumber :
CNN
Share113

Ada 43 Komentar Untuk Artikel Ini.

mochamad-hilman sukagalih
Selasa, 9 Agustus 2011 | 16:35 WIB
@Tukul; asal ngomong; lu kerjanya mau ngajak perang agama melulu
Tanggapi Komentar
Laporkan Komentar
0
0

Rahmat Mansyur
Selasa, 9 Agustus 2011 | 16:21 WIB
Hikmahnya : pada dasarnya manusia sama tdk ada yg lebih diatas,kulit kuning , sawo matang, putih, maupun gelap, apalagi yg berhubungan dgn rasa keadilan , bisa senewen jg. Tidak ada ras yg lebih unggul.
Tanggapi Komentar
Laporkan Komentar
0
0

Nurshasie Irawan
Selasa, 9 Agustus 2011 | 15:55 WIB
komentar anda gak nyambung sama isu terkait.
Tanggapi Komentar
Laporkan Komentar
0
0

Entus Tuslichah
Selasa, 9 Agustus 2011 | 15:55 WIB
Di lapangan bola bonek London juga sama ditakutinya dengan preman2 ini. Ternyata sifat rusuh itu manusiawi tidak pandang bangsa, agama atau etnis tertentu.Kita harus mewaspadai penyulut kerusuhan semacam ini, agar jangan sampai terjadi dinegara kita.
Tanggapi Komentar
Laporkan Komentar
0
0

Mister Oki
Selasa, 9 Agustus 2011 | 15:35 WIB
London, Ibu Kota Negara Maju dan Kaya saja bisa kena kerusuhan (riots) dan penjarahan begitu besar, apalagi negara2 berkembang kayak Indonesia ??? Tidak ada cara lain untuk menghentikan kerusuhan dan penjarahan yang sudah terlanjur terjadi yaitu tindak tegas oleh aparat dan kalau perlu tembak di tempat atau kalau pemerintahnya lembek maka kerusuhan / penjarahan akan semakin meluas kemana – mana. Biasanya aparat ragu untuk bertindak karena isu HAM tetapi dalam kasus ini harus tegas dan berani !!!
Tanggapi Komentar
Laporkan Komentar
0
0

1 2 3 … 5 Next
Kirim Komentar Anda
Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan KOMPAS.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. KOMPAS.com akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

KOMPAS.com berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silakan login atau register untuk kirim komentar Anda

Internasional
Terpopuler
Terkomentari

Selengkapnya

Neuengamme, Saksi Bisu Kekejaman Nazi
Kamboja Tarik Tentara dari Perbatasan
Penjarah Manfaatkan Twitter dan Facebook
Opisisi Libya Bubarkan Kabinet
Kerusuhan Terus Berkobar di London

Problematika Globalisasi: Dunia di Dalam ancaman Puritanisme
Pilot-Pramugari Cathay Pacific Bercinta di Pesawat
Mau Merampok Malah Jadi Budak Seks. Sial atau Untung?
Kenapa Orang Membenci Amerika?
Arab, TKI dan Pemerkosaan

Penjaja Penukaran Uang Baru Marak
Tiket Pesawat Sentuh Batas Atas
Ayo ikuti Daily Trivia Quiz Bersama Ustad Zacky Mirza. Menangkan hadiah utama Blackberry Playbook atau hadiah lainnya seperti Blackberry Onyx 2, Samsung Galaxy Mini, iPod Nano, & puluhan tiket nonton XXI.

PARA PENJARAH DI LONDON

Iklan

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 389,936 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: