//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

SST,……..RAHASIA UMUR PANJANG

INILAH.COM,Jakarta – Kebanyakan orang percaya bahwa pola makan dan gaya hidup sehat dapat mempengaruhi usia. Namun tidak demikian dengan para ilmuwan di Israel, karena mereka menemukan gen lebih berperan dalam umur panjang seseorang.

Seperti dilansir dari News.yahoo, berdasarkan penelitian terhadap populasi kelompok orang Yahudi yang rata-rata berusia 95 tahun ke atas diketahui bahwa gaya hidup mereka tak jauh berbeda dengan populasi umum. Bahkan, mereka juga mengonsumsi alkohol sedikit lebih banyak.

Penelitian tersebut melibatkan 477 orang usia 95-122 tahun dari Kelompok Ashkenzai Jews yang tinggal sendiri. Sekitar 75 persen populasi tersebut adalah perempuan.

Kelompok ini dipilih karena mereka secara genetik lebih seragam dibanding populasi lain sehingga lebih mudah mencari perbedaan jika ada.

“Kami menduga para centenarians atau orang yang bisa mencapai usia 100 tahun itu mungkin memiliki gen panjang umur yang membantu mereka melawan efek buruk dari gaya hidup tidak sehat,” kata Nir Barzilai, direktur Institute for Aging Research dari Yehiva University Albert Einstein College of Medicine.

Secara umum, kelompok lansia itu memiliki pola hidup yang sama baik dalam hal rasio berat dan tinggi badan, kebiasaan merokok, olahraga, dan pola makan yang tidak berbeda dengan populasi umum.

Perbandingan data dilakukan dengan 3.164 orang yang lahir pada tahun yang sama dengan kelompok orang panjang umur itu. Data pembanding diambil pada tahun 1971 dan 1975 dalam survei kesehatan nasional.

Sekitar 24 persen pria panjang umur disebutkan minum alkohol setiap hari, dibandingkan 22 persen dari populasi umum, sementara itu 43 persen dari kelompok panjang umur berolahraga secara teratur dibandingkan dengan 57 persen dari orang biasa.

Hasil penelitian ini menemukan orang-orang yang panjang umur itu juga bisa kegemukan, merokok, dan malas berolahraga. Tetapi para ahli mengingatkan gaya hidup itu tidak bisa diterapkan pada orang yang tidak punya gen panjang umur dari keluarganya.

“Kita harus memperhatikan berat badan, menjauhi rokok dan rutin berolahraga. Secara umum pada orang kebanyakan hal itu mendatangkan manfaat kesehatan, termasuk panjang umur,” ungkap peneliti.

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 361,981 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: