//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

BRI INGIN REBUT POSISI BANK MANDIRI

Padalarang (ANTARA) – Bank Rakyat Indonesia (BRI) pada tahun 2001 akan terus mengejar pertumbuhan aset guna menjadi bank dengan aset terbesar yang saat ini masih dipegang bank BUMN lain yaitu Bank Mandiri.

“Kita saat ini dari sisi aset nomor dua setelah Bank Mandiri, hanya selisih sekitar Rp15 triliun. Jadi tahun ini kita akan percepat pertumbuhannya dengan membuka banyak jaringan kantor di kota-kota besar,” kata Direktur Keuangan BRI Ahmad Baiquni di Padalarang, Minggu.

Dikatakannya, berdasarkan data laporan bank-bank ke BI, jumlah aset BRI sampai 2010 mencapai Rp395,4 triliun hanya berselisih sekitar Rp15 triliun dari Bank Mandiri yang memiliki aset Rp410,6 triliun.

Menurut Baiquni, pembukaan jaringan kantor dilakukan antara lain dengan membuka sekitar 400 cabang “Teras” di pasar-pasar tradisional yang ada di kota-kota besar.

“Sejak empat tahun lalu kita fokus buka jaringan di kota-kota besar dengan target pertumbuhan dana setinggi mungkin dan meningkatkan penyaluran kredit yang sebelumnya juga sudah di atas rata-rata perbankan secara umum,” katanya.

Mengenai pembukaan cabang-cabang Teras di pasar-pasar tradisional di kota-kota besar, Baiquni mengharapkan pada tahun ini bisa mencapai 1.200 kantor setelah sampai Februari kemarin sudah mencapai 800 kantor.

“Ini kita bangun sejak empat tahun lalu untuk menghadang bank-bank pendatang baru yang bermain di sektor mikro yang selama ini bermain di daerah urban, sementara BRI kuat di pedesaan,” katanya.

Berdasarkan kemampuan dan pengalaman menggarap pasar mikro di pedesaan, BRI mengerahkan kemampuannya itu untuk menguasai sektor mikro di perkotaan yang belakangan banyak digarap pemain baru seperti Bank Danamon dengan Danamon Simpan Pinjam (DSP) dan BTPN yang bermain di sektor mikro di perkotaan.

Menurut Baiquni, dengan jaringan kantor yang sudah besar, suku bunga kredit yang lebih rendah dan kecepatan proses kredit BRI yakin kembali bisa menguasai sektor mikro di perkotaan yang saat ini dipegang para pemain baru.

10 bank terbesar dari sisi aset setelah Bank Mandiri dan BRI adalah BCa Rp323,3 triliun, BNI Rp241,17 triliun, CIMB Niaga Rp142,9 triliun, Danamon Rp113,86 triliun, Panin Rp106,5 triliun, Permata Rp74 triliun, BII Rp72 triliun dan BTN Rp63,3 triliun.

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 362,187 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: