//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

KALIMANTAN TERSANDERA KEBIJAKAN PUSAT

Jakarta (ANTARA) – Pengamat Kebijakan Publik Universitas Indonesia, Andrinof A Chaniago memprihatinkan kondisi Pulau Kalimantan yang saat ini seperti tersandera oleh kebijakan pemerintah pusat.

“Kebijakan pusat seperti manyandera Kalimantan untuk tidak boleh maju,” kata Andrinof melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Ia menyebutkan, hampir semua teluk dan selat dengan lokasi strategis di Pulau Kalimantan dinyatakan sebagai cagar alam, tanpa solusi ekonomi untuk memajukan daerah tersebut.

Sementara di darat, usaha tambang dibiarkan merusak lingkungan dan membuat segelintir orang kaya raya di tengah persentase penduduk miskin yang berada di peringkat lima besar nasional.

Andrinof menilai hingga saat ini tidak ada inisiatif untuk membuat pertumbuhan berbasis luas di Pulau Kalimantan.

“Terus mendorong aliran surplus penerimaan tambang ke Jakarta adalah pembangunan tanpa etika. Kami prihatin dengan kebijakan sentralistis model baru ini,” kata Andrinof yang juga Ketua Tim Visi Indonesia 2033.

Pulau Kalimantan merupakan salah satu Pulau terluas di Indonesia yang memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup besar. Salah satu komoditi unggulan yang menopang pergerakan ekonomi Pulau Kalimantan yakni pertanian (perkebunan, tanaman bahan makanan) dan tambang (batubara, migas) serta industri.

Namun demikian, jika ditelaah lebih lanjut pergerakan ekonomi masing-masing daerah (provinsi) di Kalimantan masih ditemukan kesenjangan ekonomi.

Kegiatan perekonomian di Pulau Kalimantan berdasarkan PDRB dalam perkembangannya telah mengalami peningkatan. Pada tahun 2008, nilai PDRB yang terbentuk di Pulau Kalimantan mencapai Rp441,5 triliun.

Secara spasial, sekitar 71,40 persen dari total PDRB Pulau Kalimantan bersumber dari kegiatan ekonomi Provinsi Kalimantan Timur, diikuti Provinsi Kalimantan Barat (10,97 persen), Provinsi Kalimantan Selatan (10,31 persen), dan sisanya sebesar 7,33 persen berasal dari kegiatan ekonomi Provinsi Kalimantan Tengah.

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 361,855 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: