//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

PERANG DUA KOREA, INDONESIA MINTA BERUNDING

VIVAnews – Pemerintah Indonesia, lewat Kementerian Luar Negeri (Kemlu), menyatakan prihatin atas saling tembak antara Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) yang terjadi Selasa, 23 November 2010. Indonesia mendesak kedua belah pihak untuk memulai kembali Perundingan Enam Pihak (Six Party Talk), yang juga melibatkan AS, Rusia, China, dan Jepang

“Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa, atas nama Pemerintah Indonesia menyampaikan keprihatinan yang sangat mendalam atas terjadinya saling tembak antara Korea Utara dan Korea Selatan di pulau Yeonpyeong yang telah mengakibatkan korban di kalangan sipil,” ujar pernyataan dari Kemlu, Rabu, 24 November 2010.

Pada pernyataan tersebut, pemerintah Indonesia juga mendesak kedua belah pihak untuk segera menghentikan permusuhan, melakukan upaya maksimal untuk menahan diri dan menghindari terjadinya peningkatan ketegangan.

Adu tembak bermula saat Korea Utara menembakkan serangkaian peluru artileri ke arah pulau Yeonpyeong yang terletak di Laut Kuning, berbatasan langsung dengan Korut. Serangan langsung dibalas oleh Korsel dengan tembakan artileri dan pengiriman pesawat tempur F-16.

Sedikitnya puluhan rumah terbakar dan dua tentara angkatan laut Korsel tewas. Puluhan korban yang terdiri dari tentara dan warga sipil juga menjadi korban luka, diantaranya mengalami luka parah. Ribuan penduduk pulau tersebut langsung diungsikan menuju tempat aman.

Serangan ini langsung mendapat kecaman dari berbagai negara, diantaranya adalah Australia dan China yang menyerukan penghentian serangan dan melanjutkan kembali perundingan enam pihak. Indonesia juga menyerukan hal yang sama.

“Pemerintah Indonesia juga menggarisbawahi pentingnya dimulai kembali Six Party Talk untuk membahas seluruh aspek yang terkait dengan perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea,” ujar pernyataan Kemlu.

Perundingan enam pihak adalah perundingan yang melibatkan enam negara, yaitu Korut, Korsel, China, Amerika Serikat, Rusia dan Jepang. Perundingan yang dimulai pada tahun 2003 ini bertujuan untuk menghentikan program nuklir Korut serta mewujudkan perdamaian di Semenanjung Korea. Namun proses itu terhenti pada 2007 setelah diboikot Korut.

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 361,981 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: