//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

DUA GUNUNG MERAPI DI RUSIA MELETUS BERSAMAAN

BANJARMASINPOST.CO.ID, MOSKWA – Dua gunung berapi di Semenanjung Kamchatka, daerah pelosok bagian timur laut Rusia meletus hampir bersamaan Kamis (28/10/2010) waktu setempat. Masing-masing Gunung Klyuchevskaya Sopka yang merupakan gunung teraktif di Rusia dan Gunung Shiveluch.

Gumpalan abu yang dimuntahkan membumbung hingga ketinggian 10 kilometer dan menyebar ke arah Samudera Pasifik. Letusan kedua gunung membuat kota terdekat Ust-Kamchatsk, yang berjarak 70-120 kilometer dari keduanya, tertutup abu vulkanik. Daya pandang menjadi tinggal beberapa meter saja dan pemukiman dilapisi abu tebal. Namun, tidak ada korban jiwa meski semua penduduk diminta tetap di dalam rumah agar tidak terkena gangguan napas.

Semua sekolah dan kantor di kota tersebut diliburkan sementara waktu. Lalu lintas di jalanan juga sepi. Para ilmuwan mengingatkan bahwa abu letusan mungkin masih akan menghujani wilayah tersebut setidaknya dalam 10 hari ke depan. Gunung Shiveluch yang berketinggian 7.620 meter tak memperlihatkan aktivitas lagi, namun Gunung Klyuchevskaya yang berketinggian 4.750 meter masih terus menyemburkan lava.

Letusan tersebut diperkirakan dapat mengganggu penerbangan dari Asia ke Amerika yang melewati Alaska. Sejumlah otoritas penerbangan, seperti di AS dan Jepang, memperingatkan pilot untuk mewaspadai dampai abu letusan terhadap pesawat terbang meski belum ada penundaan penerbangan. Beberapa pilot mengaku menyaksikan letusan tersebut saat melintas di atas Alaska, Amerika Utara. Namun, tinggi letusan masih di bawah posisi pesawat sehingga tidak mengganggu penerbangan.

Iklan

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 395,666 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: