//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

ATLANTIS BERI PERSEPSI BARU DI INDONESIA

TRIBUNNEWS.COM, Jakarta – Terlepas dari akan ditemukan atau tidak Atlantis di Indonesia, yang pasti pemikiran tersebut telah menyumbangkan presepsi baru terhadap bangsa Indonesia.

Hal itu diungkapkan Dr. Agus Aris Munandar kepada Tribunnews, satu-satunya arkeolog yang diundang sebagai pembicara “Diskusi Panel Indonesia Asal Peradaban Dunia” yang diadakan Yayasan Sulu Nuswantara Bakti, Sabtu (27/3/2010).

Agus mengatakan, walaupun ia menganggap teori keberadaan Atlantis secara keilmuan Arkeologi dapat dikatakan lemah. Pasalnya, hanya satu orang yang mengetahui keberadaan Atlantis, Plato. Data yang digunakan para ahli untuk mengungkap misteri tersebut hanyalah buku yang ia tulis.

Ketika ditanya apakah ia percaya bahwa Atlantis ada, ia tidak berani menyimpulkan. Ia hanya menuturkan bahwa segala kemungkinan bisa saja terjadi, yang pasti semua pendapat harus didasarkan dengan data yang valid.

Menurut Arkeolog ini,jika ingin membuktikan Atlantis berada di Laut Jawa seperti kesimpulan sebagian besar pembicara, maka yang harus dilakukan kemudian adalah mengeksplorasi dasar Laut Jawa untuk mencari sisa-sisa kebudayaan Atlantis.

Sesuai ungkapan Plato dalam bukunya, Atlantis seharusnya telah berumur beberapa ribu tahun, jauh lebih tua dari bukti peradaban tertulis pertama di Indonesia. Tetapi Agus bisa menjelaskan adanya kesinambungan kebudayaan prasejarah antara Kalimantan, Jawa Timur serta Sumatera Selatan. Wilayah yang membentengi Laut Jawa.

Pendapat bahwa mitos benua Atlantis dimulai oleh Prof. Arysio Santos dalam bukunya “ATLANTIS-The Lost Continent Finally Found (The Definitive Location of Plato’s Lost Civilization)” diterbitkan terjemahannya dipenghujung tahun kemarin. Penulisnya adalah seorangs profesor bidang geologi dan nuklir asal Brazil.

Dr. Agus Aris Munandar adalah seorang Arkeolog yang mengajar di Universitas Indonesia. Penelitiannya sebagian besar mengenai kebudayaan Majapahit, dan telah diakui secara internasional.

Penulis : Nurmulia_Rekso_P
Editor : johnson_simanjuntak

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 361,855 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: