//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

GUBERNUR TERAS NARANG PIMPIN LANGSUNG PEMBANGUNAN MESJID AGUNG PALANGKA RAYA

PALANGKA RAYA, MINGGU – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Agustin Teras Narang bersama Wakil Gubernur Kalteng Achmad Diran menyatakan bersedia memimpin langsung pembangunan Mesjid Agung Darusalam Palangka Raya.

“Saya bersama Wakil Gubernur Kalteng Achmad Diran yang akan memimpin langsung pembangunan mesjid agung Darusalam Palangka Raya, dari awal sampai selesai pembangunannya,” kata Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang di Palangka Raya, Sabtu.

Pernyataan tersebut diungkapkannya kepada pers usai ekspos desain awal mesjid oleh Konsultan Perencana PT Adiya Widyajasa Palangka Raya di Kantor Gubernur Kalteng.

Teras mengatakan keinginan untuk memimpin langsung pembangunan mesjid tersebut sudah mendapat persetujuan dari pengurus mesjid Yayasan Mesjid Darusalam Palangka Raya.

Ia mengatakan rencana pembangunan mesjid agung tersebut sesuai dengan perhitungan awal akan menelan anggaran sebesar Rp62,5 Milyar, yang mana anggaran sebesar itu direncanakan untuk pembangunan mesjid dan perlengkapannya.

Rencananya anggaran pembangunan berasal dari APBD Provinsi Kalteng, sumbangan pihak ketiga dan juga diharapkan dari APBN, katanya.

Teras juga mengatakan pembangunan mesjid tersebut direncanakan dilaksanakan secara bertahap, dimana pada tahap pertama pada tahun 2010 ini dilaksanakan tahap perencanaan.

“Pembangunannya mulai dilaksanakan pada 2011 dan akan ditargetkan akan selesai pada 2014 mendatang,” kata Teras yang pada pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalteng Ben Brahim S Bahat.

Pembangunan mesjid tersebut kata Teras tidak akan mengubah bangunan yang ada, yang mana bangunan pertama direncanakan untuk ruang pertemuaan

Teras juga mengatakan kawasan mesjid didesain sebagai kawasan Islamic Center, selain itu sebagai komitmen Pemrov Kalteng mempersiapkan embarkasi haji.

Sementara itu, Direktur PT Adiya Widyajasa Palangka Raya Thamrin Anwar mengatakan bahwa sebagai bentuk dedikasi selama 30 tahun menetap di Kalteng, desain mesjid tersebut dilakukan secara sukarela untuk kepentingan masyarakat muslim Kalteng.

“Desain mesjid kami gunakan konsep modern minimalis untuk menghindari kesan mubazir dengan memasukkan unsur desain tradisional, namun ini masih pra desain,” katanya.

Dia mengatakan mesjid yang akan dibangun diatas lahan seluas 5 hektar tersebut memiliki luas 5,7 ribu meter persegi dengan bangunan tiga tingkat.

Pada tingkat tiga atau paling atas diperuntukkan bagi aktivitas perkantoran yayasan, sedangkan lantai dua dan satu untuk ruang ibadah.

Daya tampung mesjid diperkirakan sekitar 3 ribu hingga empat ribu jemaah untuk dua lantai tersebut, namun kalau sampai luar bangunan bisa mencapai 15 ribu jemaah, katanya menegaskan.

ANTARA

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

One thought on “GUBERNUR TERAS NARANG PIMPIN LANGSUNG PEMBANGUNAN MESJID AGUNG PALANGKA RAYA

  1. Selain Bangunan Masjid Cantik Dan Megah Perlu dipikirkan Pula Agar Kegiatannya Sepadan Dengan Indahnya Bangunan Fisik. Berkualitas Dan Rame Slalu Smoga Menjadi Masjid Yang Makmur !!

    Posted by Seno Widihardjo | 30 Juni 2010, 8:39 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 361,855 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: