//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

LECH KACZYNKY: PRESIDEN KEMBAR PEMBELA KEADILAN DAN HAM

WARSAWA, MINGGU – Presiden Polandia Lech Kaczynski memiliki saudara kembar yang juga aktif di dunia politik. Keduanya dikenal sebagai pembela HAM dan keadilan bagi masyarakat Polandia. Bagaimana kisahnya?

Kaczynski lahir di Warsawa pada tahun 1949. Ia adalah putra seorang insinyur yang mengabdi sebagai tentara Armia Krajowa dalam perang dunia ke dua.

Saudara kembar Kaczynski, pernah menjabat sebagai perdana menteri Polandia dan pendiri partai Hukum dan Keadilan. Ia bernama Jaroslaw Kaczyiski. Saudara kembar ini pertama kali muncul ke publik saat menjadi bintang film berjudul ‘Two boys who stole the moon’.

Lech kemudian mengikuti jejak saudara kembarnya dalam gerakan antipemerintah pada akhir tahun 1970an. Ia kemudian menjadi aktivis demonstrasi pada tahun 80an. Bahkan sempat ditahan pada tahun 1981.

Kiprah politik si kembar kemudian berlanjut pada era 90an dengan bergabung bersama pemimpin partai Solidarity sekaligus Presiden Polandia saat itu, Lech Walesa.

Lalu, pada tahun 2002-2005, Lech menjadi walikota Warsaw untuk kemudian mencalonkan diri sebagai presiden dari Partai Hukum dan Keadilan. Saat kampanye, ia fokus pada peningkatan kemampuan ekonomi masyarakat Polandia.

Lech menikah dengan seorang ekonom, Maria Kaczy?ska. Mereka kemudian dikaruniai anak bernama Marta yang lahir pada tahun 1980. Marta kini lulus dari Fakultas Hukum di Gda?sk University.

Sejumlah pejabat tinggi Amerika Serikat dan Eropa merasa sangat kehilangan Lech. Mulai dari Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama hingga Kanselir Jerman Angela Merkel menyampaikan rasa duka dan kenangannya bersama Presiden Lech.

“Jerman akan merindukan Lech Kaczynski,” kata Angela Merkel.

“Prancis kehilangan teman yang sering membantu dalam menjalin hubungan antarnegara,” kata Presiden Prancis Nicolas Sarkozy.

Musibah pesawat kepresidenan Polandia yang jatuh di Rusia barat menewaskan 132 orang. Pejabat-pejabat Rusia memastikan tak ada yang selamat dalam kecelakaan ini.

Pesawat jatuh saat akan mendekati bandara di Smolensk, Rusia barat. Gubernur Smolensk Sergei Anufriev mengatakan, pesawat itu menabrak puncak pohon dan jatuh. Saat kecelakaan itu, kondisi cuaca berkabut tebal. Presiden Polandia Lech Kaczynski dan istrinya serta beberapa pejabat tinggi Polandia lainnya tewas.

dtc

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 362,187 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: