//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

BERSIAPLAH KECEWA, AHLI GEOLOGI & ARKEOLOGI TEGASKAN ATLANTIS TAK ADA DI INDONESIA

Bermula dari ceramah Dirut saya tentang peradaban baru, dimana menurut seorang ahli Prof Aryso Santos bahwa benua Atlantis yang hilang itu Indonesia, disebut Sundaland. Saya mencoba browsing internet mencari tahu tentang Atlantis. Ada pendapat pro dan kontra tentang hal itu, namun kita patut bersyukur karena kita tetaplah Bangsa yang besar sampai saat ini.

JAKARTA, SABTU – Profesor Arysio Santos membuat buku ‘Atlantis, The Lost Continent Finally Found’ yang mencengangkan. Dirinya menyebut kalau Atlantis yang selama ini dicari adalah Indonesia.

Namun, tesis-tesis yang dikemukakan profesor Santos dalam bukunya dibantah oleh ahli Geologi dan Arkeologi.

“Benua peradaban Atlantis yang hilang tidaklah dimana-mana itu hanya sebuah fiksi. Tapi itu bisa dijadikan motivasi untuk mencari peradaban-peradadaban masa lalu,” ujar Ketua Ahli Ikatan Arkeologi Indonesia, Profesor Dr Harry Truman Simanjuntak, pada acara Seminar Nasional ‘Indonesia Atlantis yang Sesungguhnya’ di Museum Indonesia TMII, Jakarta, Sabtu (20/2/2010).

Menurut Harry, penelitian arkeologi menunjukkan manusia belum mampu memiliki kemampuan seperti yang digambarkan tentang peradaban bangsa Atlantis. Selain itu, kata Harry, tesis Santos dibuat berdasarkan cerita yang dibuat oleh Plato. Di mana cerita tersebut dipertanyakan kebenarannya hingga saat ini.

“Kita harus hati-hati dengan sumber cerita itu. Santos berangkat dari cerita yang sudah beribu-ribu tahun lalu, yang kebenarannya masih perlu diuji,” jelasnya.

Senada dengan profesor Harry, ahli geologi Dr Awang Setyana juga menilai karya Santos tidak didukung fakta yang akurat.

“Tesis yang diajukan santos tidak mempunyai argumentasi dan bukti geologi,’ jelas Awang.

Menurut Awang, Santos dalam bukunya bersandarkan hanya pada kontemplasi yang dilakukannya selama 10 tahun. Dalam buku Santos, kata Awang, tidak ada analisis empiris maupun bukti-bukti yang mendukung tesisnya.

“Santos menyebutkan 11.600 tahun yang lalu terjadi letusan gunung Krakatau. Menurut penelitian geologi, tidak ada bukti Krakatau pernah meletus 11.600 tahun yang lalu,” terang Awang.

Awang menegaskan, kalau Atlantis tidak berada di Indonesia.”Sangat diragukan Indonesia adalah benua Atlantis. Atlantis yang paling mungkin adalah kebudayaan tengah, kebudayaan Minoa karena pernah ada gunung meletus yang besar,” tutupnya.

(dtc)
ATLANTIS

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

24 thoughts on “BERSIAPLAH KECEWA, AHLI GEOLOGI & ARKEOLOGI TEGASKAN ATLANTIS TAK ADA DI INDONESIA

  1. kok kota ilang itu ga ada yg bisa nemuin yaa,..

    Posted by A.J.I | 20 Februari 2010, 3:29 pm
  2. goblok banget para ilmuwan itu..
    atlantis adalah di indonesia. pusat peradaban orang2 atlantis ada di tanah sriwijaya..
    kalau ingin membuktikan,,silakan belajar merogo sukmo..!!!!! di jamin para ilmuwan pasti akan menganga alias takjub melihat keindahan peradaban nenek moyang kita dahulu.

    Posted by patron | 3 Maret 2010, 6:30 pm
  3. sebaiknya tidak menggoblog kan para ilmuwan terlebih dahulu. dari segi ilmiah memang masih belum masuk akal Indonesia itu atlantis. Bijaksana jika dalam mengkaji suatu buku tidak hanya berdasarkan perasaan, tapi berdasarkan bukti yg ada mas patron. Jika mas patron bisa membuktikan silahkan saja

    Posted by roidfaqih | 19 Oktober 2010, 3:20 am
    • Ya, mungkin para ilmuwan msih menduga-duga Atlantis itu ada apa nggak. Tapi saya kurang setuju dengan tanggapan para Arkeologi Indonesia yang langsung menolak mentah-mentah buku tersebut. Seharusnya hal ini bisa jadi alat dan bahan untuk menguak misteri negeri kita lebih lanjut. Penemuan situs Megalitikum di Gunung Padang buktinya, situs arkeologi sebesar itu bahkan para Arkeolog Indonesia baru menemukannya. Itu berarti bisa jadi masih bnyak situs2 lain yang belum terkuak.
      Jadi sebaiknya Arkeolog gak langsung membantah mentah2 kayak gitu.

      Posted by hyuugavilly | 7 Juni 2013, 7:32 am
  4. Sebaiknya definisikan dulu yang benar, apa itu benua atlantis. Indonesia bisa saja tercakum atau tidak. Jangan buru-buru menyimpulkannya.

    Wassalam,

    Posted by Herman Moechtar | 29 November 2010, 9:10 am
  5. Begini sodara2 sekalian … alangkah baiknya kalau kita semua membaca seluruh isi buku ini baru kita memberikan argument, saya rasa masuk akal sekali buku ini pak santos memang tulus melakukan penelitian tidak ada niat untuk menjatuhkan suatu bangsa,

    Posted by DENNY | 12 Desember 2010, 8:57 am
  6. o ia 1 lagi … btw buat 2 peneliti Indonesia … saya balik tanya sekarang, Apa anda punya bukti juga kalo 11600 tahun sebeum masehi gunung krakatau tidak pernah meletus?

    Posted by DENNY | 12 Desember 2010, 8:59 am
    • Untuk ilmuwan yang kontra dengan tesis Mr santos harus dibuktikan dengan penelitian…jadi selama belum ada pembuktian kesalahan pendapat Mr santos menurut saya pendapat Mr Santos belum terbantahkan….masih lebih masuk akal jika dibandingkan ilmuwan-ilmuwan yang sebelumnya..

      Posted by Saka buwana | 4 Mei 2011, 5:51 am
  7. “akh.. ngaromong we….ti saha mimitina eta carita atlantis teh??”
    katanya memiliki peradaban tinggi, kerajaan makmur,, apa buktinya? tau dari mana?? ada sisa2 peradaban tingginya gtu??

    Posted by nenk | 22 Desember 2010, 1:34 am
    • Ada bos…seperti Neelepon tanpa alat alias telepati….atau pengobatan alternatif….sesungguhnya itu technologi yang termaju….sesuatu yang di anggap kuno oleh era manusia pada jaman sekarang sebenarnya adalah puncak dari sebuah technologi….itu sisa-sisa technologi…memang technologi yang berkembang itu berbeda dengan technologi sekarang…..contoh orang dahulu udah dapat melihat sesuatu yang tidak dapat dilihat oleh mata kasar…sedangkan technologi sekarang baru dapat menyensor ( kamera sinar X )sesuatu yang tdk tyerlihat oleh kasat mata…itupun technologi terbaru…bidang arsitek contoh candi borobudur…sampai sekarang para ahli masih belum mampu membuat bangunan yang seperti itu…dan masih banyak lagi….

      Posted by Saka buwana | 4 Mei 2011, 5:59 am
    • mimitinamah tina pilem spongbob, eta pan aya si pahlawan mermaid men teh aslinamah semar jawa…

      Posted by berdua | 17 Oktober 2013, 6:01 pm
  8. tapi bro, satu hal yang menjadi kelemahan tesis mas santos adalah mendasarkan penelitiannya pada informasi dari Plato. Begitu juga dengan peneliti lain yang melakukan penelitian tentang atlantis, mereka selalu mendasarkan penelitiannya pada cerita dari Plato ribuan tahun yang lalu, yang kita belum bisa buktikan dengan akurat, apakah informasi dari plato itu adalah dongeng atau fakta. saya merasa para peneliti ini tidak menggunakan metode ilmiah yang tepat untuk mencari tentang atlantis ini

    Posted by wawanks | 23 Desember 2010, 11:34 pm
  9. ga setuju ne ama pendapat si awang..,,,jelas2 krakatau pernah meletus…tolong perkataan anda di buktikan dulu….

    Posted by yonathan | 31 Desember 2010, 2:21 am
  10. mungkin ini nama.y rahasia dibalik rahasia. . bisa jd indonesia itu antlantis, krn sifat masyarakat atlantis kata.y serakah, sama seperti sekrng dinegara kt. . z juga ingin tw lebih banyak ha.y z masih kekurangan fasilitas n tempat sharing

    Posted by dwi | 29 Maret 2011, 4:43 pm
  11. klo ane bilang sih maaf2 aja ye! setau ane, gunung berapi itu kalau sudah melakukan ledakan yang besar itu dapat menghancurkan dirinya sendiri, kalau seandainya gunung krakatau meletus itu dengan super dasyatnya untuk akhir zaman es, semustinya gunung tersebut telah hancur dan tidak menjadi gunung aktif lagi kecuali kalau dia memiliki peranakan, kalau gunung krakatau dulu pernah meletus dengan dahsyat, kenapa pada tahun 1883 meletus lagi yang letusanya g kalah dahsyat sampe debu vulkaniknya sampe ke dataran eropa, jadi klo ane sih kurang setuju kalau ternyata Indonesia negara yang harus kita cintai itu adalah Atlantis, karna kalau memang kenyataanya indonesia pernah tenggelam, kenapa komodo masih dapat hidup pada zaman kini, sedangkan komodo hidup dari zaman manusia itu ada / zaman prasejarah sedangkan komodo bukanlah binatang air, maaf nih buat yang kontra ma ane, soalnya ane lebih condong sama apa yang bos nya tulis

    Posted by vhar'z | 13 Oktober 2011, 8:12 am
    • netral ni, tpi mnurut saia, komodo ma atlantis jauh rentang waktu, mngkn ja tuh kadal baru menclok pas pulaunya nimbul lg, sapa tau kan, nyatanya sekarang aja, bnyak bnatang yg td nya ga ada jd ada, contonya tomcat, dll

      Posted by aul | 11 Oktober 2012, 7:13 am
    • mungkin saja Krakatau Purba yang pada zaman Atlantis pernah meletus memilki peranakan, yang meletus pada tahun 1883. Gunung Krakatau ini termasuk fenomena yang sangat aneh kalau menurut saya. Pasti tahu kan kalau setelah Krakatau meletus pada tahun 1883, Gunung tersebut hampir rata dengan tanah malah sempat dikira gak ada lagi, tapi kemudian muncul lagi yang sekarang kita kenal dengan Anak Gunung Krakatau.
      Kemungkinan tersebut masih berpeluang banyak untuk terjadi. Saya belum pernah mendengar yang namanya Gunung yang udah meletus dahsyat hingga ampe hancur terus punya anaknya selain Krakatau.

      Posted by hyuugavilly | 7 Juni 2013, 7:42 am
  12. keberdaan atlantis memang mengundang banyak tanya dan kontroversi.tetapi seharusnya kita patut merasa bangga dengan diklaimnya indonesia menjadi atlantis.ditambah lagi degan terpenuhinya ke 31 syarat sebuah kontinen menjadi atlantis,dan kita pun harus menghormati professor santos karena dia telah melakukan riset selama 30 tahun dan pastinya mengeluarkan dana yang tidak sedikit.

    Posted by azzy | 13 Oktober 2011, 8:28 am
  13. klo dilihat dari sejarah dan bukti sejarah itu sendiri indonesia adalah negara maju terbukti adanya peninggalan candi dan masih banyak pula yg belum digali ya kita ambil sisi positifnya kita dukung orang2 yg punya fikiran bahwa atlantis ada diindonesia mudah2an emang benerrrr klo pun salah yg penting udah ada usaha dari pada ngomong doang bisanya kritik doang..saya punya saran dukung saja sampai sejauh mana tidak hanya materi dukungan moral juga saya bagus buat motivasi para peneliti yg sudah banyak menghabiskan waktunya mudah2 an penelitiannya bisa bisa direalisasikan dan didukung pemerintah…seeeeeppppppp hatur nuhun ahhhhhh

    Posted by yayan | 12 Januari 2012, 11:24 pm
  14. Aku kok jadi nggak ngeh ma pemikiran para pakar indonesia…. prof santos aja perlu 30 tahun untuk mengeluarkan statemen bahwa sundaland adalah atantis,,, ehhh pakar indonesia hanya dengan membaca buku saja dah bisa menarik kesimpulan jika salah… hedeh…. rusak dah para pakar indonesia,,, seharusnya bersatu berbondong2 membuktikan kebenaran pernyataan itu… kebenaran tak akan terungkap sebelum dilakukan kajian ilmiah… jangan omdo doang para pakar indoensia… dibikin bangga kok malah gak bangga….

    Posted by akbar ciptanto | 25 Mei 2012, 10:31 am
  15. nggak usah repot2…ATLANTIS is FREEPORT…
    dan sekarang sudah ditemukan sama amerika…yg penghasilannya 99% utk amerika ,,1% utk indonesia
    makanya para penjajah zaman dahulu berebut menguasai indonesia..mulai dari portugis ,belanda ,,hingga jepang..
    dan akhirnya dijajah amerika secara halus….THE END

    Posted by Mukhsin Cole | 23 Agustus 2012, 10:31 am
  16. Orang Indonesia ini memang cocok jadi orang pintar seperti orang2 atlantis yg diceritakan pintar2..mereka itu. Pak Santos memerlukan waktu 30 tahun untuk mengatakan satu kesimpulan……bahwa atlantis ada di wilayah Indonesia…..sementara pakar2 Indonesia sekarang ini ……mungkin cuma perlu waktu paling lama 30 hari….untuk mengatakan satu kesimpulan…..bahwa atlantis tidak berada di
    Indonesia.

    Posted by ron | 30 Agustus 2013, 11:22 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 361,981 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: