//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

BEDA NASIB SRI MULYANI & BEN BERNANKE

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur Bank Sentral AS atau The FedBen Bernanke merupakan dua figur yang sama-sama menduduki jabatan penting bidang ekonomi saat krisis finansial global melanda di 2008.

Keduanya juga sama-sama mengambil kebijakan penting dalam rangka penyelamatan sektor keuangan di negaranya masing-masing.

“Perbedaannya, Bernanke sebagai Man of the Year versi majalah Time, dan Sri Mulyani sebagai korban politik terbesar sepanjang tahun,” tandas Dirjen Pengelola Utang Depkeu, Rahmat Waluyanto kepada detikFinance, Senin (21/12/2009).

Padahal, menurut Rahmat, Bernanke mengeluarkan kebijakan bailout US$ 700 triliun atau setara Rp 6.700 triliun dari APBN AS.

Sementara Sri Mulyani yang saat itu menjabat sebagai Menteri Keuangan, Menko Perekonomian, dan Ketua Komite Stabilitas Sektor Keuangan (KSSK), mengeluarkan kebijakan bailout Bank Century Rp 6,7 triliun, yang bukan dari dana APBN.

“Bernanke bailout dengan mengeluarkan US$ 700 triliun uang Anggaran, setara kurang lebih Rp 6.700 triliun. Sedangkan bailout Century Rp 6,7 triliun, itupun bukan dana APBN, tapi dana LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Seribu banding satu, padahal GDP Amerika tidak sampai 100 kali Indonesia,” tuturnya.

Majalah Time mendapuk Gubernur Bank Sentral AS Ben Bernanke sebagai ‘Tokoh Tahun 2009’. Bernanke dinilai sukses menggawangi perekonomian AS selama masa gejolak krisis finansial. Penulis senior Time, Michael Grunwald mengatakan, alasan utama Bernanke terpilih adalah karena dia merupakan pemain penting dalam mengawal perekonomian paling penting di dunia.

Sementara Sri Mulyani kini sedang menjadi bulan-bulanan karena menyetujui bailout untuk Bank Century setelah mendapatkan rekomendasi dari Bank Indonesia bahwa bank yang kini bernama bank Mutiara itu adalah bank gagal yang berdampak sistemik. Pansus DPR bahkan mengimbau Sri Mulyani dan Wapres Boediono non-aktif.
(dnl/qom)

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 361,981 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: