//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

DANA BANK CENTURY MENGALIR SAMPAI KE TOKOH PARPOL

JAKARTA, KAMIS – Dalam rapat Pansus Kasus Bank Century DPR, Kamis (17/12) dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terungkap adanya aliran dana Bank Century yang masuk ke beberapa nama yang mirip dengan tokoh partai politik tertentu.

Hal ini dikatakan Ketua PPATK Yunus Husein saat ingin menjawab pertanyaan anggota Pansus dari Partai Demokrat (PD) Anas Urbaningrum yang mempertanyakan apakah ditemukan aliran dana masuk ke salah satu partai politik. Ketua Pansus Kasus Bank Century Idrus Marham berjanji akan membuka siapapun yang terlibat bila kasus ini direkomendasikan ke penegak hukum.

“Apakah ada yang (dana Bank Century) mengalir ke partai politik, tim sukses, elit poltik maupun pengurus dan lain sebagainya kami belum menerima laporan itu. Kami memerlukan pendalam, terutama nama-nama uang memiliki kesamaan, mungkin orangnya berbeda. Nama ini harus kami klarifikasi. Ada nama yang mirip dengan tokoh partai,” kata Yunus Husein.

Anggota Pansus dari PDI-P Maruarar Sirait mengungkapkan terkait pernyataan Ketua PPATK Yunus Husein yang dianggap terbuka terkait dugaan aliran dana ke nama-nama yang mirip para tokoh elit partai politik tertentu. Maruarar kemudian menyatakan terima kasih atas pernyataan Yunus Husein dengan menganggap, apa yang dikatakan itu menjadi hal penting dalam mengungkap skandal aliran dana Bank Century sebesar Rp 6.7 trilyun.

“Ada nama-nama yang diduga mirip-mirip dengan elit partai. Nah, beliau ini (Ketua PPATK) mau menyampaikannya ke siapa, klarifikasinya kemana. Tentu harus ada komunikasi, minimal dengan pimpinan (Pansus),” kata Maruarar.

Yunus Husein menjelaskan lagi pernyataannya terkait adanya aliran dana yang masuk ke beberapa nama-nama yang mirip dengan elit partai politik. Klarifikasi yang akan dilakukan oleh PPATK adalah dengan menelusuri nama-nama itu dengan mencocokkan data pribadinya.

“Kami akan mengecek nama-nama itu, apakah benar, katakanlah si A adalah tokoh partai. Mengeceknya kemana, ke Bank yang memberikan laporan, si A itu siapa sih, tanggal lahir, pekerjaannya apa. Sebagian sudah saya lakukan, ada juga yang sedang dalam proses. Bisa saja ini saya sampaikan ke pimpinan (Pansus), tapi klarifikasinya tidak selesai karena tidak informasi tambahan spesifik mengenai orang yang bersangkutan, ” kata Yunus.

Saat istirahat, Ketua PPATK Yunus Husein dikonfirmasi kembali untuk mau membocorkan siapa sebenarnya nama-nama yang dimaksud, mirip dengan nama para elit partai politik tertentu. Jangan, nanti bikin ramai. Saya tidak mau jawab. Kenapa saya tidak mau jawab, Anda kan tahu kalau sudah urusan politik, di sini kan (DPR) warna politik cukup kuat. Tapi, kami minta waktu dua minggu lagi untuk menelusurinya, ” kilah Yunus.

Wakil Ketua Pansus Angket Kasus Bank Century yang juga salah seorang petinggi Partai Demokrat,Yahya Sacawirya saat dimintai tanggapannya berujar, PPATK dapat mengklarifikasi siapa sebenarnya yang dimaksudkan namanya mirip dengan elit atau tokoh partai politik.

PPATK sudah mengatakan seperti itu (dua minggu untuk proses klarifikasi) . Misalnya, ada yang namanya Susi. Ini kan harus jelas, Susi yang mana. Apa yang diberikan oleh PPATK, menurut saya langkah positif,” katanya.

Ketua Pansus Angket Kasus Bank Century Idrus Marham kemudian menyatakan, terkait adanya nama-nama yang mungkin mirip dengan elit politik, maka perlu dikonfrontir, perlu diklarifikasi, perlu diverifikasi sehingga data yang diberikan PPATK ke Pansus Kasus Bank Century dapat dipertangungjawabka n.

“Saya punya keyakinan, pada gilirannya, pada saatnya, ketika Panitia Angket ini memberikan rekomendasi, misalkan ada indikasi dari pejabat atau siapapun yang terindikasi kuat terlibat di dalam pidana atau korupsi. Ketika kita merekomendasikan kepada penegak hukum, tentu kita akan menyebut nama. Saya kira nanti akan seperti itu,” Idrus Marham menegaskan.

(Persda Network/yat/ roy)

Iklan

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 394,023 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: