//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

IMBAS CICAK VS BUAYA, INVESTASI MILYARAN TERTUNDA

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sofjan Wanandi memperkirakan potensi penundaan investasi sebagai dampak kasus cicak-buaya mencapai ratusan bahkan hingga miliaran dollar AS.

“Meskipun sampai saat ini belum ada data yang pasti soal potensi kerugian ini,” kata Sofjan dalam acara seminar konflik Polri dengan KPK dampaknya terhadap iklim bisnis di Indonesia, di Jakarta, Rabu (18/11).

Sofjan mengatakan, potensi penundaan investasi hingga miliaran dollar AS ini belum seberapa dampaknya bagi Indonesia. Namun kata dia yang paling merugikan adalah Indonesia telah kehilangan momentum yang akan sulit kembali. “Ini kerugian besar, sekarang kita kehilangan momentum,” katanya.

Ia mencontohkan masalah kehilangan momentum akan menjadi momok terbesar bagi Indonesia. Dalam investor summit lima tahun lalu, banyak investor yang berminat untuk masuk di segala sektor termasuk infrastruktur.

Namun harus kehilangan momen karena terkendala masalah pembehanan aturan termasuk pembebasan lahan dan lain-lain.”Sekarang kita kehilangan momentum lagi. Kita harus promosi lagi, karena negara lain juga menawarkan investasi,” katanya.

Sementara itu Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) Adrianus Mooy mengatakan penundaan investasi yang akan masuk ke sektor riil dapat dilihat adanya tren penempatan asing di SUN dan SBI. Sekarang ini kata dia banyak investor asing yang sudah dapat persetujuan investasi namun lebih memilih instrumen di SUN ataupun SBI. “Ini kecurigaan tapi memang betul nampaknya,” katanya.

Terdapat pula kecenderungan investor lokal menunda investasi, bukan hanya penundaan dilakukan oleh investor asing. “Kalau saya ditanya sebagai pengusaha, melihat kondisi seperti ini, ya saya tunggu dulu duit-duit saya,” tegas Sofjan.

Ia juga mengatakan, dengan berlarut-larutnya kasus ini juga diperkirakan akan mempengaruhi kewibawaan pemerintah, termasuk KPK, Kejaksaan Agung dan Polri. Sofjan meminta Presiden SBY segera mengambil keputusan pasti.(fir)

Iklan

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 395,666 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: