//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

APLIKASI KREDIT MIKRO UNTUK UMKM SIAP DILUNCURKAN

Kementerian Negara Koperasi dan UKM (Kemeneg KUKM) merancang piranti lunak (software) proposal kredit bagi pelaku usaha mikro dan kecil (UMK).
Software untuk bantu UKM dalam pengajuan kredit

Software untuk bantu UKM dalam pengajuan kredit

“Selama ini kendala mereka ketika mengajukan kredit adalah masih kesulitan dalam menyusun proposal kredit sehingga kesempatan memperoleh kredit sudah gagal pada awal permohonan kreditnya,” kata Deputi Menteri Negara Koperasi dan UKM Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha, Chairul Djamhari di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, pihaknya mengupayakan untuk menjadikan proposal kredit yang representatif dalam bentuk software agar lembaga keuangan dapat melihat kondisi usaha dan keuangan termasuk langkah-langkah yang akan ditempuh pelaku UMK untuk mendanai kegiatannya.

Selain itu, dengan proposal yang baik, perbankan dapat melakukan penilaian awal kelayakan UMK untuk memperoleh kredit melalui beberapa hal di antaranya laporan keuangan, performa cashflow (arus kas), prognosis pendapatan, dan biaya.

“Dan untuk mendapatkan model proposal kredit yang baik kami menggelar lomba penyusunan proposal kredit bagi UMK dan skim alternatif pembiayaan,” kata Chairul.

Menurut dia, hal itu penting agar dapat mendorong berbagai pihak untuk membantu UMK mempersiapkan panduan proposal kredit bagi berbagai sektor usaha termasuk untuk mengurangi risiko kegagalan.

Di samping itu juga untuk memperbesar peluang UMK agar dapat memperoleh skim alternatif pembiayaan yang dapat diimplementasikan ke berbagai sektor. “Melalui lomba kita harapkan tersedia panduan proposal kredit yang sesuai dengan bidang usaha UMK,” katanya.

Pihaknya berhasil menjaring model-model yang dapat memfasilitasi alternatif pembiayaan UKM dari masyarakat setelah pelaksanaan lomba tersebut.

Untuk kategori pertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan, skema alternatif pembiayaan UMKM yang disusun Anwardin dari Sulawesi Selatan sukses menjadi pemenang.

Pemenang lain untuk kategori perdagangan adalah Achmad Subagyo dari Jakarta, Umi Azizah dari DIY (kategori industri kecil/produksi), dan Joseph JLM Mandang dari Sulawesi Utara (kategori jasa).

Sedangkan untuk penyusunan proposal kredit bagi UMK adalah Abbas Said Subagyo dari DIY, Jerry Irgo dari DIY, Slamet dari Jawa Tengah, dan Ali Mas`ud dari Jawa Timur.

Jumlah peserta sebanyak 115 dari seluruh Indonesia terbagi menjadi dua yakni 67 untuk peserta lomba proposal kredit dan 48 peserta lomba skim alternatif. (Investor)

flow aplikasi kredit mikro

Iklan

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

2 thoughts on “APLIKASI KREDIT MIKRO UNTUK UMKM SIAP DILUNCURKAN

  1. saya sedang memulai usaha toko online,selain itu saya jg memasarkan produk saya secara offline,klo saya ingin mendptkan bantuan kredit usaha bisa g?gimana caranya.Terimakasih

    Posted by tika | 10 Maret 2010, 4:50 am
  2. MBAK TIKA…., BANK SYARIAH MANDIRI SAAT INI SUDAH MEMBUKA WARUNG MIKRO YANG KHUSUS MEMBIAYAI UMKM. SO DATANG SAYA KE CABANG BSM TERDEKAT DIKOTA ANDA…
    TRIMS

    Posted by syafyess | 18 Maret 2010, 7:45 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 389,936 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: