//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

GEMPA MELANDA BERBAGAI WILAYAH DI INDONESIA

TEMPO Interaktif, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengatakan gempa 7,3 skala Richter di Maluku semalam memicu terjadinya gempa di tempat lain yang lempengnya sudah hampir patah.

“Gempa semalam memicu tempat lain yang sudah matang. Itu efek domino,” ujar Kepala Pusat Informasi Gempa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Jaya Murjaya ketika dihubungi Tempo, Ahad (25/10).

Sejak dini hari tadi, Indonesia telah diguncang gempa sebanyak lima kali. Gempa pertama terjadi di Waingapu, Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan kekuatan 6,1 skala Richter pada pukul 03.54 WIB. Sekitar 10 menit kemudian, gempa berkekuatan 5,5 skala Richter kembali mengguncang NTT. Gempa ketiga terjadi di Kabupaten Tual, Maluku, dengan kekuatan 5,3 skala Richter pada pukul 07.35 WIB.

Sekitar pukul 08.50 WIB gempa berkekuatan 5,0 skala Richter juga mengguncang Mentawai, Sumatera Barat. Terakhir, gempa terjadi di Bitung, Sulawesi Utara pada pukul 09.25 WIB dengan kekuatan 5,2 skala Richter.

Selama ini, Indonesia dikenal sebagai negara dengan wilayah berpotensi gempa yang tinggi. Namun waktu dan lokasi patahan lempengan itu tidak terbaca alat deteksi gempa. Karena itu, Badan Meteorologi tidak bisa memprediksi kapan dan di mana gempa akan terjadi. “Tapi rentetan gempa itu tidak menunjukkan ada gejala apa-apa,” kata Jaya.
gempa maluku

Iklan

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 399,315 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: