//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

BANTUAN KORBAN GEMPA PADANG TERSENDAT

PADANG — Bantuan untuk korban gempa di beberapa wilayah di Provinsi Sumatra Barat terus mengalir. Namun, Pemprov Sumbar kebingungan men distribusikan bantuan, sehingga ter sen dat.

“Masalahnya, angkutan sangat terbatas,” ucap Kepala Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdal Ops) Bencana 2009 Pemprov Sumbar, Ade Edward, kepada Republika, Jumat (2/10). Tak hanya soal sarana transportasi yang minim, lanjutnya, komunikasi antara beberapa wilayah yang terkena dampak bencana pun terhambat. Sehingga, tidak diketahui secara jelas kebutuhan di wilayah terdampak.

Padahal, tambahnya, bantuan terus mengalir dan dikumpulkan gudang Pusdal Ops Bencana 2009 Pemprov Sumbar yang tiada lain merupakan salah satu ruangan di rumah dinas gubernur. “Jadi kami kebingungan, sebaiknya penyumbang mengirimkan bantuan langsung ke wilayah terkena ben cana,” sarannya. Wilayah bencana dimaksud yakni Kota Padang, Ka bupaten Padang Pariaman, Kabupaten Solok, dan Kabupaten Pesi sir Selatan.

Fakta berbeda justru dilontarkan Kahumas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Priyadi Kardono. Menurut Priyo, tersendatnya pendistribusian bantuan bukan karena keterbatasan transportasi. Ia menjelaskan setelah gempa berlalu, sumbangan sebesar Rp 5 miliar untuk penanganan bencana sudah cair.

“Tinggal bagaimana Satkorlak di Sumbar menggunakan anggaran itu. Bisa sewa truk, atau sewa helikopter,” ujar nya. Soal ke butuhan bantuan, ia bilang, bisa ber koordinasi antarwilayah, sehingga bantuan bisa se gera didistribusikan.

Presiden Susilo Bambang Yudho yono saat meninjau Posko Penanganan Bencana di Balaikota Pariaman, Jumat (2/10), menegaskan, agar dana tanggap darurat Rp 100 miliar yang dikeluarkan pemerintah pusat mengalir cepat tanpa hambatan birokrasi. “Jangan ada birokrasi lagi. Ini darurat, kecepatan penting!” kata Presiden.

Meski birokrasi dinomorduakan, Presiden meng ingat kan, dana itu harus dipakai tanpa penyelewe ngan. “Itu (penyimpangan) dosanya besar,” kata Presiden, disambut tepuk tangan warga. Na mun, ia meminta masya rakat tidak mudah curiga kepada pemerintah soal penggunaan dana bencana.

Dari pintu ke pintu
Selama situasi darurat berlangsung, Priyadi menjelaskan, distribusi bantuan berupa bahan makanan akan dilakukan dari rumah ke rumah. Sebab, korban tidak memiliki tempat mengungsi yang terkonsentrasi, ujarnya.

Saat ini, menurut Priyadi, ada 19 ribu ton bantuan bahan makanan yang siap didistribusikan. Diperkirakan cukup untuk persediaan empat bulan. Suplai obatobatan masih cukup, sekitar dua ton. Jumlah ini akan terus bertambah. Ia mengakui terjadi penumpukan bantuan di Padang, yang memang dijadikan tempat mengumpulkan bantuan.

Beragam bantuan dari berbagai pihak memang terus mengalir. Sekitar 150 tenaga medis Palang Merah Indonesia (PMI), kemarin, tiba di Padang untuk diterjunkan ke sejumlah daerah terdampak.

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), mengirimkan 20 dokter. Kebutuhan medis mendesak, maka UI mengirimkan tenaga medis yang dibagi ke dalam beberapa tim, kata Deputi Direktur Kantor Komunikasi UI, Devie Rahmawati. Ratusan tenaga medis dan rescue dari sejumlah negara juga sudah di Padang. Antara lain, dari Singapura, Jepang, Jerman, dan Swiss.

korban gempa padang

korban gempa padang

mencari korban selamat

mencari korban selamat

Iklan

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

One thought on “BANTUAN KORBAN GEMPA PADANG TERSENDAT

  1. mudah2an aliran bantuan untuk korban dapat lancar. amin

    Posted by ikiakukok | 3 Oktober 2009, 6:22 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 387,125 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: