//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

SEORANG ANAK DI CHINA INGIN JADI KORUPTOR

kpk-dalem1Seorang murid baru sekolah dasar di China Selatan menjadi kesayangan media negeri Tirai Bambu beberapa hari ini. Pasalnya, pada hari pertamanya masuk sekolah, murid perempuan berusia enam tahun itu mengutarakan ingin menjadi pejabat korup saat besar nanti. Cita-cita tersebut diungkapkannya saat dia di wawancarai wartawan dan ditampilkan di internet.

“Kalau saya besar nanti, saya ingin jadi pejabat pemerintah,” kata gadis kecilyang wajahnya disamarkan seperti dikutip dari laman Asia One, Jum’at (4/9). “Pejabat seperti apa?” Tanya pewawancara. “Pejabat yang korup, karena pejabat korup punya banyak sekali barang,” jawabnya.

Setelah ditampilkan di dunia maya, para blogger mengambarkan komentar murid tersebut sebagai sebuah refleksi dari realitas social di China. Sejumlah murid lain yang juga muncul dalam video tersebut diberi pertanyaan sama. Banyak diantara mereka menyatakan ingin menjadi guru. Sedangkan murid lainnya belum tahu apa cita-cita mereka.

Pengguna ruang dialog di internet memuji ucapan polos bocah tersebut. Komentator lain bersikap sinis atas korupsi yang merajalela di China. “Sosialisme telah mengeluarkan versi baru dari The Emperor’s New Clothes,” tulis sebuah posting. “Keburukan hidup sudah meracuni anak-anak. Bagaimana kita mendidik generasi selanjutnya?” tulis posting yang lain.

Sementara itu Presiden China Hu Jiantao berulang kali mengultimatum bahwa korupsi adalah salah satu ancaman bagi legitimasi hukum Partai Komunis.

Iklan

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 387,125 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: