//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

LOWONGAN KERJA SEBAGAI MENTERI

Usai Pilres yang dimenangkan pasangan SBY – Boediono yang diusung mitra koalisi 24 partai politik. Mitra koalisi yang dari awal mendukung SBY termasuk PKS walau sedikit kecewa karena Wapresnya bukan dari kalangan Partai Islam terlebih lagi dari PKS. Survey awal menjelang PEMILU pasangan yang elektibilitasnya tinggi saat itu adalah SBY – Hidayat Nurwahid, namun SBY memilih Boediono sebagai pendampingnya. PKS yang sangat kecewa terpaksa melakukan manuver menarik diri dari koalisi pendukung SBY, namun akhirnya berbalik arah setelah ada “deal politik” dengan SBY. Orang sudah bisa menebak macam apa deal politik tersebut. Tentu ini tidak terlepas dari bagi-bagi kekuasaan atau jatah menteri jika SBY menang kelak dalam Pilpres 2009.

Kini PKS sudah menagih janji SBY yang hampir pasti menang atas jatah Menteri dalam kabinet mendatang. PKS mengajukan delapan nama sebagai calon menteri di cabinet SBY mendatang dan terserah sama SBY atas pemilihan Menteri tersebut ujar Ketua DPP PKS, Mahfudz Siddiq. Delapan nama itu adalah Hidayat Nurwahid, Tifatul Sembiring, Salim Segaf Al Jufri, Anis Matta, Irwan Prayitno, Suharna Surapranata, Sohibul Iman dan Surahman Hidayat. Khabarnya SBY sudah merestui 4 nama dari PKS sebagai Menteri diantaranya Tifatul Sembiring sebagai Menkominfo, Suharna Surapranata sebagai Menristek, Salim Segaf Al Jufri sebagai Mensos, dan Suswono sebagai Menteri Pertanian.

Tak segan-segan, Mahfudz Sidiq juga mengingatkan agar Partai Golkar tidak menganggu Power Sharing yang akan dilakukan SBY. Khabarnya SBY juga sudah menyiapkan 2 pos Menteri buat kader Partai Golkar pembelot yakni Agung Laksono sebagai Menko Kesra dan Andi Mattalata sebagai Menkumham. Sedangkan nama Hatta Rajasa dari PAN dijamin masuk kembali dalam jajaran cabinet SBY di pos Mentamben. Hal ini tentu tidak terlepas dari kerja keras dan loyalitas Hatta Rajasa sebagai ketua Tim Kampanye SBY.

Sedangkan dalam jajaran Menteri bidang ekonomi sudah beredar nama-nama seperti M. Ikhsan, Chatib Bisri, Anggito Abimanyu, dan Raden Pardede namun belum jelas posisi mereka. Sri Mulyani Indrawati diproyeksi mengantikan Boediono sebagai Gubernur Bank Indonesia.

Sejumlah pengamat memprediksikan SBY akan kesulitan menyusun zaken cabinet dikarenakan terjadinya tarik menarik diantara parpol pendukungnya. Apalagi jika Golkar dilibatkan maka akan menambah masalah baru bagi SBY. Parpol yang dari awal mendukungnya akan cemburu jika SBY kembali “bermesraan” dengan Golkar kata pengamat Arbi Sanit. Jika SBY melakukan blunder dalam menyusun cabinet mendatang, akibatnya sangat berbahaya karena system presidensial di Indonesia belumlah kuat kata pengamat politik dari UMY, Ahmad Nurmandi.

Inilah hasil kumpulan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber soal plot kabinet SBY.

Menkopolkam: Djoko Suyanto, Menkokesra : Agung Laksono, Menko Perekonomian: Purnomo Yusgiantoro, Menteri Dalam Negeri: Sudi Silalahi, Menteri Luar Negeri: Marthi Natalegawa atau Dinno Patti Jalal, Menteri Pertahanan: Juwono Sudharsono atau Sutanto, Menteri Agama: Muhaimin Iskandar, MenteriPendidikan:MuhammadNoehatauIrwanPrayitno.

Menteri Pertanian: Jafar M Hafsah atau Anton Apriantono, Menteri ESDM: Hatta Rajasa, Menteri Komunikasi dan Informasi: Tiffatul Sembiring atau Andi Mallarangeng, Menteri Koperasi: Suryadharma Ali, Menteri Pemuda dan Olahraga: Anas Urbaningrum, Menteri Sosial: Lukman Hakim Saefudin, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi: Lukman Edy.

PKSPD

Iklan

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 394,023 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: