//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

BATU BARA BARA API KERUSAKAN

Indonesia terkenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah ruah. Disini semuanya ada, mulai dari kekayaan laut yang beraneka ragam, kekayaan perut bumi yang melimpah ruah, kekayaan udara yang bersih, sehat dan gratis. Tidak salah jika penyanyi favorite saya Koes Plus mengarang lagu Kolam Susu, syairnya: tongkat dan kayu bisa jadi tanaman. Begitu besarnya rahmat Tuhan yang diberikan kepada kita. Tuhan memang Maha Adil kepada ummatNya. Bayangkan kepada bangsa Jepang dikaruniakan Tuhan otak yang cerdas, ethos kerja yang keras pantang menyerah namun kekayaan alamnya sedikit. Kepada bangsa kita Indonesia dianugerahiNya kekayaan alam yang melimpah baik di bumi maupun dilautan namun “orangnya” malas, otaknya cerdas namun terbelenggu, pemerintahannya korup dan tidak efisien.

Kekayaan alam yang sedang ngetop di bumi Kalimantan Selatan saat ini adalah batu bara. Hampir disetiap sudut warung orang membicarakan emas hitam ini. Walau hitam tetapi tetap laku dijual dan harganya cukup mahal. Namun sayang kekayaan alam ini tidak dinikmati oleh sebagian besar warga banua Kalimantan Selatan. Pengusaha yang terlibat dalam usaha tambang batu bara ini banyak yang kaya raya namun masyarakat sekitarnya tetap miskin. Penyakit ISPA dan bencana alam berupa banjir sering melanda daerah sekitar tambang batu bara. Masyarakat kecil hanya mendapatkan debu, penyakit dan bencana alam dari kerusakan lahan yang disebabkan oleh tambang batu bara ini. Belum lagi kerusakan jalan disepanjang ruas yang dilalui truk pengangkut batu bara. Mulai dari simpang Pelampayan Martapura sampai di perbatasan Kabupaten Tabalong menuju Kalimantan Timur tidak ada jalan yang mulus. Begitu juga jalan menuju Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu daerah penghasil batu bara terbesar di Kalimantan Selatan. Semuanya penuh lubang di kanan kiri jalan. Jarak dan waktu tempuh perjalanan menjadi terasa lama dan menyakitkan. Bisa “blancat burit” kita dibuatnya . Saya heran kemana larinya duit bata bara tersebut???

Ada hal yang cukup menarik mengenai pengusaha batu bara ini yakni tidak ada yang bertahan lama dengan “kejayaannya”, satu demi satu berakhir dengan BUI. Orang bilang ini akibat di “Sumpah Bumi”, karena perbuatannya yang merusak keseimbangan alam dan kekayaan yang diperolehnya digunakan untuk “main perempuan”. Ada pengusaha yang punya istri sampai 46 orang (naudzubillahi…), belum lagi yang tidak dinikahi secara resmi. Ada yang punya HAMMER sampai HELICOPTER dan PESAWAT pribadi namun tidak member manfaat bagi warga sekitarnya. Sudah banyak contoh pengusaha yang merusak alam biasanya tidak bertahan lama.

Jika kita berfikir jernih alangkah bodohnya bangsa kita. Perut bumi kita keruk sampai dalam dan menyisakan danau buatan, lalu kita jual mentah isinya ke Negara lain dan yang tertinggal dengan kita hanya bencananya saja. Padahal kita memiliki 240 juta jiwa rakyat yang mestinya menikmati anugerah kekayaan alam tersebut, tapi kita jual dengan harga yang relative murah. Jika kita bisa melakukan advented value atas setiap kekayaan alam kita, maka Negara dan rakyat akan lebih merasakan manfaatnya karena harganya lebih mahal dan bisa membuka lapangan kerja yang berkualitas. Dengan system pertambangan saat ini maka tenaga kerja yang terserap hanya sebatas supir (truk, excavator, alat berat lainya) sedangkan tenaga ahlinya dari luar dan hanya sedikt saja.

Sektor pertambangan di negeri ini banyak yang dikuasai oleh investor asing seperti sector perminyakan oleh Caltex, Shell (Riau) sekarang Chevron, Arutmin (Kalsel), Freeport (Papua) dan masih banyak lagi lainnya. Padahal kita harusnya sadar bahwa kekayaan alam itu ada batasnya dan berakibat terhadap kerusakan lingkungan yang akan kita wariskan ke anak cucu kita. Kekayaan alam yang mengandung hajat hidup orang banyak harus dikuasai Negara dan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat, itulah amanat UUD 1945. Masihkan kita menginggatnya??

batubaraDUITbaraku

Iklan

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

2 thoughts on “BATU BARA BARA API KERUSAKAN

  1. Ya, begitulah mas…
    Indonesia ini memang salah urus. Kaum elit pemerintahan cuma ngurus golongannya saja sendiri.
    Tidak sadar kalau kita sedang dijajah secara halus oleh negara luar lewat korporasi internasional. dan utang2 yg menggunung

    Posted by donairl | 12 Juli 2009, 9:02 pm
  2. Benar sekali sahabat….kita sedih melihat negara kita ini…,saya sendiri rindu kehadiran pemimpin seperti Bung Karno dan Bung Hatta…sampai kapan

    Posted by syafyess | 13 Juli 2009, 10:04 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 387,125 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: