//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

Kemenangan Sejati


Al kisah, dalam sebuah dialog hebat antara Sun Tzu dan Raja Lou, ahli atrategi ini menyatakan bahwa mengalahkan musuh tanpa berperang adalah kemenangan sejati. Sesungguhnya memang inilah prinsip fundamental strategi perang Sun Tzu.

Memang kata-kata demikian, “100 kali perang 100 kali menang”. Tetapi kemenganan sepeti ini bukanlah kemenangan puncak. Menurut Sun Tzu mengalahkan musuh tanpa berperang, itu baru indah. Luar biasa.

Dalam bisnis, prinsip mengalahkan lawan tanpa berperang juga berlaku, tetapi fakta dilapangan justru memperrlihatkan, banyak perusahaan gagal mengaplikasikan strategi ini.

Contoh: Dalam persaingan bisnis, adakalanya perusahaan yang sama besarnya habis-habisan beradu strategi untuk saling mengalahkan. Begitu juga dalam bidang politik dimana kemenangan adalah tujuan akhir yang harus dicapai dengan berbagai cara, bahkan dengan cara yang tidak “terhormat” sekalipun.

Dari contoh diatas, kalaupun salah satu akhirnya menang, sesungguhnya kemenangan itu harus dibayar dengan harga yang sangat mahal. Dalam situasi kompetisi yang begitu ketat, adakah cara menang bersaing tanpa berperang. Jawabannya tegas, ada.

Pilihannya adalah kerja sama, membangun aliansi bisnis, atau bahkan koalisi. Bagi dua atau lebih perusahaan besar yang habis-habisan bersaing, maka pilihan mempersatukan kekuatan mereka menjadi kekuatan bisnis yang jauh lebih besar sulit ditandingi.

Bagi dua orang kubu yang bersaing, menjalin koalisi tentu jauh lebih baik untuk menjalankan hal-hal yang lebih besar dan berguna buat masyarakat, negara dan bangsa.

Inilah hakekat strategi menang tanpa berperang, inilah kemengan sejati. Win -win solution.

Iklan

About syafyess

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 399,315 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

%d blogger menyukai ini: