//5T4T3
you're reading...
PATRIOTISME SAYA

CICAK VS BUAYA, MAKIN SERU AJA

Polri dan KPK terus ‘adu ilmu’. Pimpinan Polri yang disimbolkan dengan buaya, terus menarik pimpinan KPK–yang disimbolkan sebagai cicak–untuk diperiksa. Tapi, KPK pun menyiapkan serangan balik dengan membidik pejabat Polri yang tersangkut kasus Bank Century. Berikut kronologi perseteruan yang mengingatkan pada perang serupa yang pernah terjadi di Hong Kong, sebelum negara itu dianggap berhasil mengatasi korupsi.

16 Mei

Ketua KPK nonaktif, Antasari Azhar, menyampaikan surat testimoni yang menyebut dugaan suap kepada empat pimpinan KPK, yaitu Haryono Umar, Chandra M Hamzah, M Jasin, dan Bibit Samad Riyanto, serta empat pejabat KPK, Direktur Penyelidikan KPK, Iswan Elmi; Kepala Biro Hukum, Chaidir Ramli; Satgas Penyidik, Arry Widiatmoko; dan penyidik, Rony Samanta.
Dugaan suap terkait kasus dugaan korupsi Sistem Komunikasi Radio Terpadu (SKRT) Departemen Kehutanan yang melibatkan Direktur Utama PT Masaro Radiocom, Anggoro Widjojo. Anggoro yang pernah ditemui Antasari di Singapura, menyebut pernah memberi uang dalam dua tahap kepada oknum di KPK agar kasusnya tak dilanjutkan. Polisi sudah menetapkan satu tersangka dalam kasus ini, yaitu Ary Muladi.

24 Juni

Muncul pernyataan dari Kepala BPKP, Didi Widayadi, bahwa lembaganya akan mengaudit KPK. Presiden membantah memerintahkan BPKP mengaudit KPK.

30 Juni

Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri, Komisaris Jenderal Susno Duadji, menuduh ada lembaga yang menyadap telepon genggamnya. Dia tak menyebut lembaganya.
Penyadapan diduga berkaitan dengan penggelapan dana Bank Century. Konon, rekaman sadapan menyatakan adanya permintaan imbalan Rp 10 miliar atas jasa memuluskan pencairan dana milik PT Lancar Sampoerna Bestari yang terkait kasus Bank Century.

Juli

Dalam wawancara dengan Majalah Tempo edisi 6-12, Susno Duadji memunculkan istilah cicak dan buaya. “… ibaratnya, di sini buaya di situ cicak. Cicak  kok melawan buaya. Apakah buaya marah?  Enggak , cuma menyesal. Cicaknya masih bodoh saja. Kita itu yang memintarkan, tapi  kok sekian tahun  nggak pinter-pinter . Dikasih kekuasaan  kok malah mencari sesuatu yang  nggak akan dapat apa-apa.”

2 Juli

Pimpinan KPK membantah menyadap Susno Duadji.

12 Juli
Mantan Ketua KPK, Taufiequrrahman Ruki, dan sejumlah aktivis antikorupsi, mendeklarasikan gerakan Cintai Indonesia Cinta KPK (Cicak) di Tugu Proklamasi, Jakarta. Cicak dideklarasikan pula di sejumlah daerah.

13 Juli
Presiden SBY menggelar Rapat Koordinasi Pemberantasan Korupsi. Rapat dihadiri pimpinan semua lembaga penegak hukum, mulai dari Polri, kejaksaan, hingga KPK. Kapolri menyatakan penangkapan pimpinan KPK tidak dibahas.

15 Juli
Mencuat kabar pimpinan KPK akan ditangkap polisi terkait kasus PT Masaro. Sejumlah aktivis antikorupsi yang tergabung dalam Cicak  mendatangi KPK, memberikan dukungan.

8 September
Pimpinan dan pejabat KPK menolak panggilan Polri untuk diperiksa terkait kasus Masaro. Mereka sebelumnya dipanggil dengan surat bernomor Pol.:S.Pgl/321/IX/2009/Pidkor. Pada Jumat (4/9), mereka mengirim surat kepada Kapolri, meminta Kapolri menjelaskan alasan pemanggilan.

9 September
KPK menyatakan akan mengkaji keterlibatan Susno Duadji dalam kasus Bank Century.

10 September
– Pejabat KPK diperiksa yaitu Iswan Elmy, Chaidir Ramli, dan seorang lainnya diperiksa di Mabes Polri.
– Kejakgung menyatakan sudah menerima Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) kasus Masaro dari Mabes Polri. Para komisioner KPK dikenakan pasal penyalahgunaan wewenang di UU No 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
– Kapolri mempersilakan KPK memeriksa Susno Duadji.

11 September
Empat komisioner KPK direncanakan diperiksa.

gbr cicak

Taman42

About these ads

About Syafril Djaelani

Saya dilahirkan di kota Pekanbaru yang terkenal dengan cuaca panasnya dan daerah paling kaya di Indonesia karena diatas dan dibawah buminya menghasilkan minyak. Saat ini saya tinggal dan berkerja di Banjarmasin juga telah menikah dengan orang Banjar - Kalimantan Selatan. My hobby membaca buku dan menulis sejak dari dulu. Semoga blog ini dapat menyambung tali silaturrahmi diantara kita......Salam Persahabatan...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 234,054 hits

Map MyVisitor

Flags MyVisitors

free counters

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 768 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: